Vickynisasi “Jendral” Masa Kini


Nasihat Bijak

Sun Tzu berkata, “Di medan pertempuran, ucapan tidak bisa menjangkau semua pasukan, untuk itu digunakan gong dan genderang. Benda-benda juga tidak bisa dilihat dengan jelas oleh semua pasukan, oleh karena itu digunakan bendera.”

Bagaimana dengan jaman sekarang? Bukankah sekarang semua perintah sudah bisa digandakan dengan mesin fotokopi? Juga bisa dikirimkan dalam bentuk email, dan bisa dijelaskan dalam power point.

Dalam kondisi perang, dengan segala bentuk kekacauan yang terjadi, prajurit harus mendapatkan perintah dengan jelas. Dan untuk mendapatkan kejelasan perintah itulah dibutuhkan gong, genderang dan berbagai macam bendera.

Kejelasan perintah itu yang penting, bukan metode dan alatnya. Meski melaui email, power point dan sarana lainnya, bila pesan yang disampaikan tidak jelas, tetap saja “prajurit” tidak akan bisa berjalan sesuai dengan perintah.

Dan kebiasaan lelaki untuk menggunakan kata-kata yang “ndakik”atau kata-kata heboh seperti aliran Vickynisasi menjadikan ketidakjelasan perintah itu menjadi lebih runyam.

Menurutku ada beberapa kata yang sangat tidak jelas seperti…

Lihat pos aslinya 105 kata lagi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.