Bagaimana Menciptakan Iklim Kerja yang Lebih Baik


Sebagian besar pemimpin memiliki keahlian teknis untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif. Bahkan, yang biasanya menjadi alasan pertama mereka dipromosikan ke posisi kepemimpinan. Tapi pengetahuan teknis hanya sebagian dari apa yang dibutuhkan untuk menjadi Leader dan Coach yang efektif. Banyak manajer dan eksekutif mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa itu bukan bagian yang paling penting. Keahlian teknis dan pengetahuan merupakan prasyarat untuk kepemimpinan yang baik; hal –hal tersebut diperlukan, tetapi tidak cukup.
Kemampuan untuk menjalin hubungan dan memotivasi orang-orang yang menjadi bawahan jauh lebih penting. Banyak penelitian menunjukkan bahwa ketika orang bekerja dalam iklim saling menghormati, peduli, kejujuran, kerjasama, kerjasama dan kepercayaan, mereka memaksimalkan kontribusi mereka terhadap organisasi.
Pemimpin dapat menciptakan iklim penerimaan dan keterbukaan di mana anggota tim bebas untuk mengekspresikan ide-ide mereka, mencoba hal baru, mengambil risiko, bertanggung jawab untuk memproduksi hasil ATAU menciptakan suasana di mana ada rasa kegelisahan dan ketegangan, orang takut melakukan kesalahan atau dikritik sehingga mereka bermain aman, tidak berbicara, menjaga konflik tersembunyi, menahan ide dan kreativitas mereka.
Menciptakan iklim di mana orang bebas untuk mengembangkan kemampuan dan bakat mereka, untuk menerobos keterbatasan mereka dan membuat perubahan perilaku yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, untuk tampil di tingkat tertinggi mereka bukan masalah trial and error atau keberuntungan atau kebetulan. Memutuskan untuk menciptakan iklim seperti itu adalah pilihan sadar. Pilihan sadar ini perlu diikuti dengan mempelajari keterampilan menjalin hubungan yang membuat iklim seperti itu memungkinkan: 1) keterampilan mendengarkan dengan empati yang menyampaikan penerimaan dan pemahaman anggota tim; 2) keterampilan keterbukaan diri yang memungkinkan seorang pemimpin untuk berkomunikasi dan otentik; 3) keterampilan resolusi konflik yang memungkinkan pemimpin dan anggota tim untuk bekerja di luar perselisihan yang tak terelakkan dan masalah yang muncul dalam semua hubungan. Ini juga keterampilan pemecahan masalah dan perencanaan yang membantu orang meningkatkan kinerja mereka.

Terjemahan Bebas dari :
How to Create a Better Climate at Work
Date: July 9th, 2014
Posted by: Michelle Adams

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

2 tanggapan untuk “Bagaimana Menciptakan Iklim Kerja yang Lebih Baik”

  1. Memang untuk menciptakan iklim kerja yang baik mau tidak mau dimulai dari pimpinan. Selama pimpinan tidak mau, akan berat untuk mengubah iklim kerja yang baik,

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.