Kepemimpinan: Seni menciptakan Pemimpin-pemimpin


Kali ini saya memutuskan untuk menulis lebih banyak pada pengalaman menjalankan bisnis saya. Seperti banyak dari kita pasti sudah tahu, salah satu kriteria penting dalam bisnis skala apapun adalah kepemimpinan. Apakah orang menjabat memiliki atau tidak keterampilan kepemimpinan yang benar untuk memastikan bahwa bisnis berjalan sesuai yang diharapkan. Ada banyak bentuk kepemimpinan, banyak definisi, dan perspektif tentang keterampilan tertentu. Kepemimpinan adalah bagaimana kadang-kadang mengelola orang, kadang-kadang kemampuan pengambilan keputusan, kadang-kadang didefinisikan sebagai kemampuan memecahkan masalah, dan masih banyak lagi. Pada akhirnya, saya berpikir bahwa definisi yang paling penting dari kepemimpinan adalah kemampuan untuk menciptakan pemimpin-pemimpin.
Seorang pemimpin adalah benar-benar seseorang yang mengelola segala sesuatu sesuai deskripsi pekerjaannya, seseorang yang diikuti, seseorang yang mempengaruhi orang lain, seseorang yang melatih dan menginstruksikan. Namun kemampuan untuk membuat dan menanamkan jiwa kepemimpinan untuk orang lain adalah sesuatu yang lain untuk yang wajib dimiliki. Banyak pemimpin yang mampu memimpin tapi tidak mampu menciptakan pemimpin. Dalam dunia sekarang ini, di mana banyak pekerjaan yang berbasis strategi bukannya berbasis administrasi, kita harus menyebarkan otoritas berpikir strategi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada calon karyawan kualitas bintang untuk membuat keputusan dan menyarankan solusi. Saya menemukan, dengan mewawancarai banyak kandidat yang berposisi sebagai manajer, di waktu kerja saya sebagai pencari tenaga kerja (Head Hunter), tetapi saya menemukan bahwa mereka sebagian besar ditugaskan untuk mencari tahu masalah, berpikir tentang mengapa hal tersebut terjadi, bukan menciptakan rencana solusi. Mereka dibuat untuk berpikir tentang masa lalu, bukannya menganalisa dan menciptakan strategi masa depan. Dalam sebagian besar kasus, atasan atau kepala divisi atau disebut direksi adalah orang-orang berpikir dan memutuskan solusi. Jadi apa artinya ini? Ini berarti bahwa mereka hanya mengelola orang, mengelola pekerjaan, mengelola administrasi, namun tidak mengelola konsep atau strategi.
Ada satu cerita yang saya dengar di sebuah perusahaan, di mana ada pertemuan antara Direktur dan manajer lini, di mana salah satu manajer datang dengan masalah yang telah terjadi dan meminta direktur pada apa yang harus dilakukan. Alih-alih memberinya jawaban, ia bertanya kembali pertanyaan kepada manajer “Apa yang Anda pikir harus dilakukan?”. Hal ini akan memaksa bawahan untuk menciptakan solusi dan memberikan ide-ide, yang sebenarnya melatih dia untuk menjadi pemimpin sendiri. Jika hal ini sering dipraktekkan untuk semua manajer lini, mereka akan mempertajam keterampilan kepemimpinan mereka dan menjadi pemecah masalah yang independen, pengambil keputusan, mangelola orang, dan semua hal lainnya yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin yang sempurna. Itu selalu mengatakan bahwa jika Anda memiliki pemimpin yang kuat dalam organisasi Anda, perusahaan Anda akan tumbuh cepat, bayangkan jika Anda memiliki pemimpin yang kuat.
Saya percaya bahwa regenerasi keterampilan kepemimpinan merupakan nasihat yang benar Anda butuhkan dalam bisnis. Ketika ada lebih banyak orang berpikir tentang bisnis Anda, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk tumbuh. Meskipun itu tergantung pada apa bisnis atau bidang Anda, jika Anda memiliki pemimpin yang kuat dalam tim Anda, Anda mungkin dapat memikirkan hal-hal lain atau bermain golf dengan teman-teman Anda, tanpa mengurangi kecepatan kapal Anda. Pikirkan tentang hal ini, Saya harap ini dapat membantu Anda dalam peran manajerial awal atau memulai bisnis.

Terjemahan bebas dari :
Leadership : The art of creating Leaders
Shashi (Ricky) Mulani

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.