DEWASA DALAM BERPIKIR DAN BERTINDAK #Goresanku 42


”Sebuah tujuan tanpa perencanaan hanya akan menjadi harapan.” ~ Antoine de Saint-Exupery

“Suatu Ide atau gagasan akan dapat diwujudkan bila ada proses atau tahapan perencanaan yang baik dan benar.” Hidup kita pun adalah sebuah proses menuju kedewasaan dalam berpikir dan bertindak terhadap perubahan yang terjadi dalam hidup kita tersebut.

Seorang mandor bangunan yang baik akan melakukan berbagai persiapan dalam perencanaannya menggorganisir bawahannya untuk dapat mengerjakan pekerjaan mereka dengan baik dan selesai tepat pada waktu yang direncanakan.

Menjadi dewasa dalam berpikir dan bertidak tidaklah dilihat dari umur seseorang. Baik yang muda maupun yang tua akan saling berinteraksi dalam hidup ini. Kita yang muda dan yang tua membutuhkan suatu kerjasama yang baik dalam merespons hidup kita tersebut, juga terhadap segala sesuatu yang telah terjadi maupun yang sedang kita alami, dengan pikiran & tindakan yang positif.

Mulailah mengedepankan segala pemikiran yang positif, dan janganlah bertindak gegabah sebelum segala sesuatu telah dapat direncanakan dengan baik & benar. Saling berinteraksi satu dengan yang lain, membuka diri kita dan saling tukar pikiran terhadap apa yang sedang dialami maupun yang telah terjadi, akan lebih efektif dari pada hanya menutup diri dan bersikap protektif.

Bila kita hanya menutup diri dan senantiasa bersikap protektif (berprasangka buruk) terhadap orang lain dengan apa yang hendak mereka perbuat atau lakukan terhadap kita, baik lewat tutur kata atau tindakan mereka, maka kita hanyalah sebuah “harapan tanpa tujuan”.

Bersikap hati-hati adalah baik dalam menjalani hidup ini, namun bila sangat berhati-hati, itu pun tidaklah baik karena kita senantiasa dihantui oleh berbagai macam pikiran yang cenderung memikirkan keburukan dari pada kebaikan. Namun sebaliknya bila kita dapat memotivasi diri kita dan mampu melewati segala resiko (tantangan) dalam hidup ini, dengan kedewasaan dalam berpikir dan bertindak, maka kita pun akan berhasil mewujudkan harapan kita.

Ditulis kembali oleh :
Catharina Tyas Kusumastuty

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.