Psikodrama Bagian dari Psikologi ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (2)


lanjutan dari :

Beberapa Poin Penting ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (1) 

Psikodrama Bagian dari Psikologi

Psikodrama harus dianggap sebagai ide-ide kompleks dan metode dalam psikoterapi yang lebih luas, dan lebih dari itu, di luar model medis, yaitu, yang saya sebut “psikologi terapan.” Ini termasuk pendidikan, bisnis, pelatihan keterampilan sosial, agama, rekreasi, struktur masyarakat, dan pengembangan pribadi – perspektif untuk mengoptimalkan potensi individu.

Saya menggunakan Psikodrama dalam arti luas, yaitu pengembangan keseluruhan dari ide-ide Morenian. Psikodrama merupakan salah satu bagian dari  ide-ide kompleks dan metode lainnya, yang melibatkan Sociometry, Terapi Kelompok, Role Play, dan Filosofi Spontanitas dan Kreativitas. Dan keluasan ini mencakup Visi Moreno bahwa pendekatan yang dilakukan lebih dari sekedar aktivitas menyembuhkan orang sakit, Psikiatri, bahkan ditarik lebih jauh lagi untuk mengambil tantangan menyembuhkan masyarakat secara keseluruhan, dengan istilah “Sociatry.”

Di Amerika Serikat, Psikoterapi sebagai fenomena sosial-ekonomi serta intelektual tumbuh pesat di 1950-an hingga 1980-an, tapi ini mulai berbalik pada saat ekonomi penyediaan layanan kesehatan telah menderita Overinflation Reaktif dan biaya usaha diperketat. Akibatnya, Psikoterapis semakin terdesak dan mencari tempat lain untuk layanan mereka. Dengan demikian, areal selain yang telah menerima aplikasi tersebut diatas, mendapatkan lebih banyak perhatian.

Pergeseran ini juga didukung oleh pertumbuhan psikologis kognitif dalam masyarakat umum. Saya merasa yakin kebanyakan orang, di sekolah-sekolah dan dalam program-program pendidikan lanjutan, perlu mendapatkan lebih banyak ketrampilan dalam berkomunikasi, Pemecahan Masalah Interpersonal, dan Kesadaran Diri. Ketiga area keahlian untuk menjadi fondasi “Psychological Literacy,” dan saya percaya bahwa Kompetensi dalam keterampilan semacam itu diperlukan untuk adaptasi dalam dunia yang berubah dengan cepat sebagai dasarnya menjadi melek huruf – mengetahui cara membaca dan menulis – di abad ini. Selain itu, keterampilan ini hanya dapat dipelajari dengan praktek aktif, dan konteks alami, praktek-praktek seperti itu adalah Role-Play.

bersambung ke

Teori perkembangan ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (3)

Terjemahan Bebas dari
THEORETICAL FOUNDATIONS OF PSYCHODRAMA Adam Blatner, M.D., T.E.P.

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

3 tanggapan untuk “Psikodrama Bagian dari Psikologi ; Dasar Teori Psikodrama, Adam Blatner, MD, TEP (2)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.