Menambahkan “Surplus Reality” oleh Adam Blatner


Awalnya diposkan pada 14 Desember 2016

Saya menemukan sebuah buku oleh Rosilyn Wilder, seorang guru drama kreatif, berjudul “A Space Where Anything Can Happen” (New Plays Books, 1977). Ya, sesuai dengan harapan saya untuk memperluas kesadaran sehingga orang-bukan hanya orang muda, tapi juga orang tua, seperti kelompok usia saya! – dapat mengoptimalkan potensi.

Dalam dunia (dan sistem sekolah) yang berorientasi untuk merespons dengan “jawaban benar” ada sebuah dorongan yang sesuai untuk kesempatan itu (kesadaran, wacana) yang menyatakan bahwa sebenarnya tidak memerlukan orang untuk menawarkan jawaban “benar”. Tidak ada jawaban benar yang tepat, hanya kenikmatan untuk menemukan sesuatu yang berhubungan, bahkan jika itu sama sekali tidak masuk akal. Tujuannya hanya menciptakan sesuatu, sementara beberapa penemuan lebih lanjut didapatkan bagi yang bermain imajinasi lebih dari yang lain, intinya adalah bebas bermain dengan apa pun yang ditawarkan.

JL. Moreno menyebut ini “pelatihan spontanitas”. Dia terkenal karena menciptakan jenis psikoterapi yang disebut psychodrama, namun Moreno yakin bahwa gagasannya jauh melampaui model pengobatan dan bekerja dengan mereka yang berada dalam peran “sakit”. Memang, semakin sehat Anda, semakin Anda dapat didorong secara efektif untuk bermain sepanjang hidup Anda.

Buku Wilder, yang memicu meditasi ini, ditujukan untuk guru sekolah menengah. Anak-anak berusia antara 12 dan 15 tahun masih di usia ketika merasa tidak percaya menjadi “tidak keren.” Masih teringat akan kebebasan mental, apa yang disebut Moreno sebagai “realita surplus” – betapa hebat konsepnya – masih segar.

Tujuan saya adalah membantu orang menambahkan realitas surplus ke peran repertoar mereka. Istri saya dan saya banyak melakukan ini. Kita lebih dari sekadar diri kita yang biasa, hanya satu. Kami beralih ke peran lain sesuai dengan kesempatan, terkadang anak kecil yang rentan, terkadang pemimpin rombongan, dll.

Terjemahan bebas dari :

Add “Surplus Reality”

Adam Blatner

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

2 tanggapan untuk “Menambahkan “Surplus Reality” oleh Adam Blatner”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.