Penjelasan tentang “Eksplorasi Tindakan” (Psikodrama)


Tampaknya psikodrama memiliki dua peran dalam budaya modern:
1. Psikodrama dapat digunakan sebagai “terapi”
atau
2. Dapat digunakan terpisah dari terapi, untuk melayani tujuan peningkatan kesadaran lainnya. Dalam bisnis, pendidikan, pengembangan pribadi, pelatihan peran di industri, untuk penyelesaian konflik, permainan, dan sebagainya, apa yang saya sebut “Eksplorasi Tindakan” menerapkan metode psikodramatik dalam melayani banyak tujuan lainnya. Bukan hanya untuk pengobatan penyakit jiwa! Hal ini harus dilakukan secara eksplisit!

Sebagian besar literatur dalam Psikodrama adalah tentang terapi, dengan asumsi bahwa “pasien” itu “sakit” dan Psikodrama akan membantu mereka, ini yang sering terjadi! Tapi Moreno mengatakannya di catatan pendek pembuka pada magnum opus-nya tentang Sosiometri, Who Shall Survive ?: “Prosedur terapeutik yang benar memiliki tujuan tidak boleh kurang dari keutuhan umat manusia,” yang berarti bahwa alat yang baik akan menemukan banyak penerapan!

Eksplorasi Tindakan menerapkan teknik mirip Psikodrama di luar model medis, seperti yang saya katakan: Mereka dapat digunakan dalam bisnis, industri, pendidikan di semua tingkat, rekreasi, dan masalah sosial. Misalnya, ada cara-cara agar Eksplorasi Tindakan menjembatani agar menjadi seperti “Teater Kaum Tertindas”-nya Augusto Boal.

Dalam Eksplorasi Tindakan, tujuan kelompok tersebut adalah untuk mengeksplorasi topik atau tema, bukan untuk mendapatkan seseorang yang baik atau menantang delusi mereka. Dengan berbagai alasan historis, sebagian besar tahun-tahun Moreno selanjutnya dihabiskan terutama untuk model medis. Itu lebih prestise; tujuan mulia; pengorbanan yang menyedihkan. Juga, psikoanalisis mengaburkan batasannya, oleh karena itu, mengapa tidak Psikodrama? Namun, karena revolusi psikofarmakologis dan perubahan psikiatri lainnya, Psikodrama sebagai Psikoterapi, tidak pernah sangat menonjol, telah menyusut secara signifikan di Amerika Serikat. Saya tidak ingin melihat Eksplorasi Tindakannya hilang akibat kebingungan dengan psikoterapi psikodrama!

Ada juga penggerusan bertahap Psikoterapi oleh segala jenis obat berbasis bukti. Ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, (dibicarakan di tempat lain). Tapi perhatian harus diberikan untuk menerapkan metode psikodramatik atau sosiodramatik lebih dari sekedar model medis – “Eksplorasi Tindakan”.

Metode tindakan terutama sosiodrama, namun dengan teknik psikodramatik diterapkan sesuai kebutuhan. Kata “psiko-drama” bermasalah di Prancis, karena terjemahan kata-katanya mengandung konotasi negatif. Mungkin ini juga benar di tempat lain. Namun, yang sebenarnya adalah bahwa pemberlakuan dan penjelajahan dapat digunakan terpisah dari perlakuan terhadap “Penyakit mental.” Sudah saatnya kita mengatakan hal ini secara terbuka dan meminta umpan balik dari orang lain. Bisakah kita mengatakan bahwa pekerjaan Moreno tidak hanya untuk terapi tetapi juga mendukung usaha yang jauh melampaui model medis?

 

Terjemahan Bebas dari

Action Explorations Explained oleh Adam Blatner
Originally posted on July 31, 2017

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

One thought on “Penjelasan tentang “Eksplorasi Tindakan” (Psikodrama)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.