Sebuah Kategori Baru Psikodrama – Eksplorasi Tindakan


Saya mengusulkan sebuah kategori baru untuk memikirkan dan menangani tantangan kolektif: “eksplorasi tindakan.” Istilah ini mencakup berbagai pendekatan yang memiliki kesamaan sifat-sifat pemberlakuan, improvisasi, peran, dan cerita. Salah satu pendekatan dalam kategori ini adalah psychodrama, namun kebanyakan kamus dan banyak profesional menganggap pendekatan ini terutama sebagai bentuk terapi. bahkan Wartawan sering salah paham tentang hal ini, mengingat psikodrama menjadi suatu situasi penanaman psikologis dan sedikit dramatis.

Latar belakang saya melibatkan obat-obatan (saya adalah M.D., seorang dokter); psikiatri; dan kemudian sub-sub-spesialis pada tingkat tertentu dalam Psikodrama. Sekarang saya berkembang lagi di luar psikodrama dalam mempromosikan semua jenis kreativitas kolaboratif. Hal ini kemudian akan mencakup, misalnya:

– psikodrama dan semua aplikasi klinis dan non-klinisnya
– drama dalam pendidikan (bukan teater, tapi menyiapkan situasi fiktif dan bermain peran respons alternatif, dll.) (Dilayani oleh Drama Internasional dalam Asosiasi Pendidikan)
– sosiodrama (menggunakan metode psikodramatik yang tidak terfokus pada orang tersebut, namun pada peran yang lebih umum)
– Meningkatkan bisnis (banyak pendekatan, dilayani oleh Jaringan Improvisasi Terapan)
– bibliodrama dalam konteks spiritual;
– Perkembangan spontanitas (menggunakan permainan teater atau Seni Bermain, untuk rekreasi)
– bermain peran dalam pendidikan;
– simulasi di bidang politik, pengaturan militer, atau pengaturan profesional
– beberapa aspek dari berbagai terapi seni kreatif lainnya
– Beberapa aspek terapi drama (seperti psikodrama, memiliki banyak aplikasi di luar bidang “terapi”.
– Beberapa campuran dengan bentuk “teater” lainnya – Playback Theater atau Teater Orang Tertindas (untuk pembangunan masyarakat).

Mungkin tidak bijaksana jika mencoba memperbaiki batasan terlalu ketat. Mungkin Flash mobs, game komputer multi pemain (terutama yang sehat), Live Action Role Playing, dan bentuk lainnya mungkin sesuai dengan kategori ini. Dalam arti tertentu, mereka mungkin dipandang sebagai cara meningkatkan kesadaran. Mereka berbagi aktivitas yang lebih dari sekedar berbicara, dan melalui pemberlakuannya, mereka juga berinteraksi dan bereksperimen.

Harap dicatat bahwa saya tidak meninggalkan psikodrama; Ini adalah bidang yang kaya dengan banyak implikasi filosofis dan praktis. Menurut saya psikodrama bisa menjadi pendekatan yang berguna dalam psikoterapi bila diaplikasikan dengan baik. Tetapi dalam menempatkan psikodrama dalam kategori yang lebih luas, saya mencatat bahwa ini adalah kontribusi penting dan merupakan bagian dari fondasi visi yang lebih luas: kreativitas kolaboratif!

Gagasan kolaborasi ini mengacu pada dinamika kelompok terbaik, bercampur dengan pendekatan berbasis drama dan tindakan terhadap pemecahan masalah. Ini adalah langkah selanjutnya melampaui fase diskursus “logosentris” yang berbasis kata. Di era modern kita menulis dan mempresentasikan makalah, memberi ceramah, berdebat, semuanya dalam pelayanan dialog. Tapi bagaimana dengan sektor masyarakat yang jauh lebih besar yang tidak mengartikulasikan – termasuk anak-anak? Mereka memiliki perasaan, intuisi, imajinasi, kepekaan, pengabdian tubuh, kerajinan tangan dan karunia lainnya, namun tidak dapat memasukkannya ke dalam wacana linier yang dibutuhkan oleh modernitas.

Eksplorasi tindakan menggunakan kreativitas kolaboratif untuk memasukkan populasi yang lebih luas ini. Jika Anda tidak dapat menemukan kata-kata untuk perasaan, kami menggunakan suara di atas (yaitu, dalam psikodrama disebut “Doubling”) dan teknik lain untuk mengekspresikan diri Anda. Kami bekerja sebagai tim, masing-masing berkomitmen untuk maju, bersaksi, dan menghargai yang lain. Ini menghambat arus ke arah hiper-individualisme yang menandai era modern (dari pertengahan 19 sampai akhir abad ke-20, dan mungkin lebih luas sebelum dan sesudah periode ini).

Sebagaimana dicatat, beberapa pendekatan di atas memiliki organisasi internasional dan sejarah kontributor signifikan mereka sendiri. Sudah saatnya kita mengenali kesamaan kita dalam berbagi pembuatan cerita, peran, improvisasi, dan perlakuan.

Eksplorasi Tindakan sama sekali tidak tumpang tindih dengan teater yang ditulis dan dilatih untuk khalayak luar, bagaimanapun saya menghormati teater semacam itu adalah institusi budaya yang seringkali merupakan kekuatan konstruktif dalam budaya.

Mengakui penyebutan umum lainya yang mendasari jenis eksploratif tindakan mengundang lebih banyak cross-over dan cross-fertilization di antara semua bidang ini. Psikodrama cukuplah hanya untuk terapi dan memiliki kembali multi-potensi yang Moreno inginkan untuk pendekatan ini. Ada banyak aplikasi tumpang tindih lainnya dalam psikiatri, psikoterapi kelompok, penyembuhan energi, dan pendekatan lainnya.

Eksplorasi tindakan memang menawarkan sedikit penekanan pada improvisasi dan perlakuan. Peran tidak dimaksudkan untuk ditahan, namun lebih dari itu, peran diberi sebutan, lebih terbuka untuk diubah: Sekarang, mari kita kembali memainkan adegan dari peran seseorang yang (lebih tua, lebih muda, orang lain, terjebak dalam sudut pandang ini , lebih bijak, dll). Cara lain untuk memikirkan hal ini adalah sebagai wahana untuk memperluas repertoar peran kita, dan dengan perluasan, luasnya identifikasi kita. Saya menjadi lebih tertarik pada “kemenangan” Anda juga.

Singkatnya, saya memanggil praktisi dalam setiap pendekatan yang disebutkan di atas – dalam psikodrama, dalam drama di bidang pendidikan, dalam hal bisnis, dan lain-lain – untuk mengenali kategori yang lebih meluas ini, semakin baik belajar satu sama lain. dan menciptakan sintesis baru.

 

Terjemahan bebas dari
Action Explorations: A New Category
Oleh Adam Blatner
pertama diposkan pada 12 Desember 2012

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.