Penerapan Drama, Sebuah Surat Terbuka


Ada bidang baru yang bisa disebut “Applied Drama” atau “Teater Terapan,” tapi belum ada yang benar-benar mengetahuinya. Ini adalah istilah untuk berbagai macam upaya yang menggunakan drama/teater untuk mempromosikan kesadaran pribadi dan kelompok.

Ada beberapa bidang akademik yang menggunakan istilah seperti ini, namun masih belum jelas apa yang harus disertakan atau tidak-setidaknya dalam kurikulum mereka sendiri. Saya melihat kebanyakan (atau semua?) Dari yang berikut, termasuk: Teater Orang Tertindas (Theatre of the Oppressed); Bibliodrama (memberitakan kembali cerita dari teks Kitab Suci, cerita, mitos); Psikodrama (terutama yang diterapkan di luar konteks “terapi” termasuk, dalam pendidikan atau bisnis); sosiodrama; terapi drama (yang, seperti psikodrama sering melampaui batas dari apa yang oleh para sosiolog disebut “peran orang sakit”, Playback Theatre, drama dalam pendidikan, improvisasi dalam bisnis dan organisasi, dan bentuk lain yang dijelaskan dalam antologi saya: Drama Interaktif dan Improvisasi: Variasi Terapan Teater dan Pertunjukan.

Apa yang dibutuhkan adalah lebih banyak artikel yang ditulis tentang apa yang sedang dilakukan, baik yang dipublikasikan di jurnal atau (lebih baik) dipublikasikan dan dapat diakses di situs web. Masalahnya adalah banyak praktisi yang melakukan lebih banyak daripada penulis yang menuliskannya, walaupun ada beberapa siswa, rekan kerja, dll. – yang mungkin kita berdayakan berfungsi sebagai jurnalis: Apa yang terjadi?
Semakin kita bisa menggunakan medium kata-kata tertulis, semakin banyak orang lain yang jauh, melampaui tekanan yang secara tragis membatasi untuk hadir secara nyata dalam ruang dan waktu untuk dapat menikmati panen wawasan, dan manfaat tekniknya. Saya ingin lebih banyak orang mengatakan, pertama, “Wah! Bisakah Anda MELAKUKAN itu? “Dan kedua” Saya juga ingin belajar bagaimana melakukannya! ”

Jika Anda melakukan sesuatu ke arah ini, email saya! Saya ingin membantu jaringan dan mengembangkan potensi bidang ini, yang menurut saya dapat berkontribusi pada perluasan kesadaran dan pembelajaran eksperimental – dan memiliki segala macam kelebihan lainnya. Saya ingin melibatkan lebih banyak orang, orang biasa yang tidak tahu mereka bisa merasakan kenikmatan dan pemberdayaan improvisasi

 

Terjemahan Bebas dari :

Applied Drama: An Open Letter

oleh Adam Blatner
Awalnya diposting pada tanggal 27 September 2011

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.