Pengembangan Kreativitas, Terapi dengan Seni


Terapi seni kreatif muncul dari tradisi penyembuhan; dan seperti psiko-drama (di mana saya terlibat), apa yang mereka inginkan bekembang jauh melampaui peran orang sakit. Peran orang sakit adalah gagasan bahwa seseorang sehat dan yang lainnya sakit dan ekspresi kreatif akan menyembuhkan. Tapi kreativitas tidak perlu dianggap salah dalam hal ini, hanya itu yang bisa dilakukan semua orang dengan beberapa pengembangan kreativitas. Ini seperti “Fitness.” Sama seperti semua orang bisa melakukannya dengan sedikit latihan, begitu juga setiap orang dapat menikmati Pengembangan Kreativitas!

Artinya, terapi seni kreatif memiliki pangsa pasar yang melampaui terapi, melebihan anggapan bahwa ada sesuatu yang salah pada orang. Tapi sama-sama mereka mengkritik elitisme seni. Dengan media elektronik, orang-orang kreatif dapat menikmati seni kreatif mana pun yang mereka pilih untuk mengekspresikan pandangan mereka.

Bagi mereka yang kompeten, ini membuka pasar baru: Orang yang mungkin tidak dianggap sebagai seniman profesional. Kita akan keluar dari saat ketika seseorang harus menginvestasikan banyak waktu dan energi – dan memiliki talenta yang luar biasa – untuk menghasilkan karya seni. Tapi dengan komputer dan internet, orang bisa menemukan penonton mereka dan memanjakan hobi do-it-yourself mereka.

“Creativity Expansion” adalah pasar bagi mereka yang ingin memperluas praktik mereka – dan ini memungkinkan orang untuk memilih apa yang ingin mereka jelajahi – seni, menggambar, melukis, kain, patung, gerakan, tarian, puisi, drama, Pengembangan diri dalam kinerja, dll. Mereka dapat mencoba beberapa mode. Kebanyakan orang biasa merasa bahwa seni membutuhkan tingkat usaha dan talenta yang tinggi, dan mereka merasa bahwa aturan tersebut berlaku. Terapi seni menjembatani, seolah mengatakan, “Hei, Anda juga bisa melakukan sesuatu, tidak masalah berapa banyak orang di luar sana menyukainya! Yang penting adalah Anda mengekspresikan diri!

Orang normal dan sehat membutuhkan ini juga, karena berbagai alasan. Ini membantu mereka untuk merasa bahwa mereka telah “merasakan” kehidupan dengan lebih banyak cara! Sebagian besar merasa yang terbaik yang bisa mereka lakukan adalah berwisata dan melihat, namun sebenarnya “melakukan” lebih memuaskan dalam beberapa hal. Ini bukan sebagai seorang yang ahli, tapi orang bisa mengatakan, “Hei, saya yang melakukannya!” Saya mengusulkan pembentukan kesadaran bertahap bahwa hal ini ada dan bisa lebih untuk hobi bagi setiap orang: Ekspansi Kreativitas.

 

Terjemahan bebas dari:
Creativity Expansion
Oleh Adam Blatner
Awalnya diposkan pada 21 November 2017

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.