Seorang Confabulator Amatir


Saya seorang confabulator amatir. Amatir hanya berarti bahwa saya tidak dibayar untuk ini. Atau haruskah saya mengatakan, “Anda tidak bisa membayar saya untuk melakukan ini?”? Dan untuk con-fabulate berarti membuatnya terwujud.

Awalnya ini adalah istilah medis yang mengacu pada orang yang karena demensia ringan tidak tahu mereka telah melakukannya. Kita membutuhkan sebuah kata yang sedikit lebih kuat daripada bersandiwara, tapi itu dilakukan oleh penulis fiksi dan orang lain yang berimprovisasi terhadap realitas seolah-olah nyata. Ini mungkin berbeda sampai tingkat pemikiran kreatif, tahu secara eksplisit bahwa apa yang mereka buat tidak nyata, atau bukan realitas yang sama dengan yang dirasakan orang lain. Tapi bagaimanapun, saya mewujudkannya.

Saya pernah diberitahu bahwa sesuatu mungkin bisa diungkapkan atau dilewatkan, meskipun demikian hal itu tabu, samar-samar, sampai hal itu terwujudkan. Paradigma metafisik abad ke-20, yang dibangun pada beberapa abad sebelumnya, adalah Kenyataan ada di luar sana. Ini bukan proyeksi pikiran. Maksud saya adalah bahwa saya pikir Kenyataan adalah konstruksi kolaboratif yang tidak disadari. Ini sebagian dibuat, sebagian benar-benar tidak hanya ada di sana tapi lebih dari apapun yang kita ketahui. Bagian apa yang kita lihat kemudian kita tafsirkan.

Sungguh, hanya itu yang bisa kita lakukan, untuk mewujudkan. Secara filosofis, ini adalah poin dari konstruksi sosial. (Inilah kaitannya dengan serangkaian gagasan terkait dengan teori pembelajaran.) Manusia cenderung percaya bahwa apa yang telah mereka ciptakan atau terima tidaklah buatan. Artinya, orang cenderung tidak bertanggung jawab atas apa yang dirasakan / dibayangkan untuk jadi “kenangan.” Kami tidak mengenali atau berani berpikir bahwa kami menginginkan hasil itu, atau semacamnya yang mendekatinya.

Bukan berarti kita tidak mengungkapkan, Anda mengerti, tapi itu bukan di luar sana saat kita melihatnya. Hal ini sebagian di luar sana, sebagian tidak semua yang kita pikirkan, dan sebagian diciptakan bersama oleh proses bawah sadar yang jauh lebih halus daripada yang bisa kita akses secara sadar. Semacam kombinasi!

terjemahan bebas dari:

An Amateur Confabulator ~ Adam Blatner

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.