Cerita Sejarah Psikodrama Ku


Sejak Kapan mulai ber-Psikodrama? Pertanyaan yang sering diajukan peserta pada sesi perkenalan.

Aku sejak kuliah sudah suka teater, merintis teater di Psikologi UGM pada tahun 1994 (Keluarga Rapat Sebuah Teater). Pada waktu itu aku berpikir bahwa Ilmu Psikologi mempelajari perilaku dan bermain drama adalah melatih berperilaku yang nantinya akan dipentaskan. Drama dan Psikologi harusnya melengkapi.

Belum ada internet, jadi masih sulit aku menemukan buku atau tulisan yang membahas tentang Psikologi dan Teater, namun aku sudah mencoba-coba praktek teori Psikologi dalam latihan teater.

Akhir 90an, sudah mulai ada internet, aku mendapati istilah Psikodrama lalu mulai tertarik dan mempelajarinya.
Setelah lulus kuliah aku bekerja, selama bekerja aku tetap mencari bahan bacaan dan berkomunikasi oleh temen-temun yang dosen dan kuliah di luar negeri, untuk mencarikan literasi (bahan bacaan)

Selama bekerja di perusahaan, aku menjadi rekruter, belajar mengenal karakteristik orang yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan, secara tidak langsung pengalaman ini menjadikan aku berlatih memprediksikan karakter.

Tahun 2010 Aku ditarik ke Jakarta untuk menjadi trainer soft skill. Aku mulai mempraktekkan Ilmu Psikologi dan Teater serta pengalamanku di lapangan, untuk memberikan Pelatihan, secara tidak langsung aku sudah mempraktekan Psikodrama dengan cara dan gayaku sendiri.

Pada tahun ini juga aku mendapatkan informasi dari temen Dosen di UKSW, akan ada pelatihan Souldrama (Psikodrama untuk Spiritual). Aku ikut merasakan untuk pertama kalinya.

Dan tahun tahun berikutnya ikut pelatihan Psikodrama, Souldrama, dan mengikuti sampai Bali, Jakarta, bahkan sampai Workshop di Puglia Italia. Hingga aku merasa yakin bahwa aku mampu mempraktekkannya, kemudian aku memutuskan undur-diri dari kerja kantoran dan menjadi Praktisi Psikodrama, dan mulai mengampil komitmen dan spesialis.

Sejak saat itu, setiap memberikan Pelatihan selalu menerapkan metode Psikodrama, Sosiodrama, Bibliodrama (ketika menjadi fasilitator Retret)

Hingga sekarang aku tetap membaca dan Belajar Psikologi, Teater, dan Psikodrama. Beberapa Bacaan (mengenai Psikodrama) yang menarik aku terjemahkan dan aku simpan di retmono.wordpress.com ini, mungkin ada yang tertarik.

Yogyakarta, 20 Februari 2018

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.