Penerapan Psikodrama, Sosiodrama dalam ( Psikologi ) Pendidikan


Apakah Psikodrama dapat diterapkan di Psikologi Pendidikan, pertanyaan yang juga sering ditanyakan sebelum workshop dimulai.

Psikodrama sering juga disebut Action Methode (metode Tindakan), apapun materinya dapat disampaikan dengan bertindak, bukan hanya berbicara atau pun mendengar saja. Bagi angkatan 80-90an pastilah masih ingat Pelajaran PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa) yang dulu dilakukan dengan Sosiodrama. Ini menggunakan prinsip dan dasar yang sama dengan Psikodrama.

Pelajaran Bahasa Inggris akan lebih mudah dimengerti dan dipraktekkan dengan didramakan.

Pelajaran tentang Ilmu Pengetahuan Alam, lebih menyenangkan jika anak-anak diminta aktif keluar ruangan. Aku ingat waktu dulu SMP, praktek membedah Kodok, aku mencari Kodok di sawah sendiri, menangkapnya dan menyimpannya hingga esoknya dijadikan alat praktek Biologi. Aku bertindak, aktif, disana aku mengerti tempat kodok hidup, aku tahu lingkungan hidup kodok, aku mengetahui Komunitas lingkungannya,..dan banyak hal yang tidak dapat diajarkan di kelas.

Psikodrama juga bisa disebut Active Learning (istilah yang lebih nge-Pop, dan kekinian). Siswa diminta aktif mengoptimalkan seluruh Indra nya, Melihat, Mendengar, Merasa, Mencium, mengecap,…juga mengoptimalkan, Kognisi nya, Emosi nya dan Psikomotorik nya. Bahkan dapat juga sampai pada spiritualitasnya. Dalam hal ini maka Psikodrama menjadi metode yang tepat untuk Pendidikan Karakter.

Tentunya masih banyak Mata Pelajaran lain yang dapat diajarkan dengan metode ini.

Lebih kelihatan apabila dilakukan di Sekolah Dasar atau Taman Kanak-kanak, anak -anak diberikan pengalaman langsung, dan tentunya dengan penuh kegembiraan bermain.

Psikodrama dapat juga diterapkan dalam Ekstrakurikuler Teater, penerapannya akan dapat lebih mendalam. Dalam latihan teater siswa dapat dilatih olah rasa, Seni, kehalusan budi pekerti, tentunya dibutuhkan pelatih yang kompeten. Memberikan Pengalaman Pentas, Komitmen, kerjasama, akan meningkatkan kepercayaan diri dan keberaniannya untuk berkarya. Karakter yang sangat dibutuhkan sekarang ini.

Masih banyak hal dapat dilakukan dengan Psikodrama di dunia Pendidikan, silahkan temen-temen untuk berbagi pengalamannya.

Yogyakarta, 26 Februari 2018

Retmono Adi.

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.