PENGALAMAN IKUT PSIKODRAMA DI MEDAN BY MRTIN


Tgl 08-09 Feb 2018 yang baru lalu, saya mengikuti pelatihan psikodrama di Medan…

Awalnya ragu…tanya sana sini…mereka bilang bagus..Lalu saya menekatkan diri mendaftar dan cemplung saat pelatihan. Pada saat pelatihan, saya milih 90% siap action karena pengen belajar dan belajar namun masih malu-malu kucing.

Hitung-hitung nambah materiku saat memberikan pelatihan di perusahaan klienku…(pikirku dalam hati)

2 hari melewati pelatihan kudapat banyak manfaat yang bisa kupetik dan kuterapkan buat klienku…awalnya masih bingung bagaimana menerapkannya…akh kata mas Adi “salah ora popo” yah wes tak lakoni aja..tinggal menyesuaikan aja di lapangan.

Selama 2 hari pelatihan psikodrama,  “OLAH ROSO” yang selama ini telah aku geluti sebagai motivator jadi semakin nambah…Banyak peran dalam psikodrama yang coba kuselami : director, protagonist, auxiliaries, baper dan observer. Makin nambah lagi pengalaman dan rasa itu dalam diriku…

Pelatihan yang sungguh menambah tidak hanya wawasan, pengalaman dan khususnya rasa bagiku…buktinya 2 hari berturut-turut saya selalu meneteskan airmata bukan karena sedih tapi menghayati dan dapat ROSOnya…(SEMOGA yah…)

Komentar saya : materi psikodrama sudah dikemas dengan sangat apik oleh mas Adi, juga suasana yang tercipta sangat cetar membahana…apalagi didukung oleh teman-teman seperjuangan S2 PIO dari UMA-Medan dan sudah tentu peserta lain yang jadi sarana pembelajaran bagi saya sendiri.

Thanks secara khusus kepada Mas Adi Retmono yang dengan sabar membimbing juga buat teman lainnya…SEE U AGAIN…

GILIRAN MENG-APLIKASIKANNYA…

Ceritanya habis mengikuti pelatihan Psikodrama by Mas Adi Retmono, di kepala saya sebenarnya sudah membuat action untuk beberapa pelatihan yang dalam waktu dekat akan saya berikan. Pertama di sebuah pabrik pemintal jaring. Ada kebutuhan klien dalam beberapa hal seperti : team yang kurang kompak, kurang komunikasi, integritas, loyalitas, tanggung jawab, mindset dan delegasi.

Dalam pelatihan tersebut saya mencoba Teknik Sculpture dan Autodrama.

   

Autodrama saat momen perbaikan mesin sedang terjadi. Protagonist memainkan perannya. Lalu di bagian akhir  diadakan refleksi & sharing…

Pada bagian ini para peserta pelatihan menemukan ada yang miss (hilang) dalam rutinitas yang seharusnya ada… sehingga dapat cepat dilakukan untuk perbaikan ke depannya.

Pada bagian  team work saya mencoba mengaplikasikan Teknik sculpture. Peserta sangat enjoy dan mendapatkan rasa yang sungguh beda kalau teamwork itu ada dan tiada.

Mungkin sampai disini dulu ya fren buat sharing pengalaman yang sudah saya peroleh saat mempraktekkan psikodrama.

Next session di tanggal 10 Maret 2018 pada Public Speaking Workshop, saya kan mencoba memakai Teknik The Magic Shop…DOAIN SEMOGA BERHASIL..

THANKS MAS ADI…GBU & KARYA-KARYAMU…

Salam buat teman lainnya…

MRTIN – http://www.mrtin-smart.com

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.