Gusti Nyuwun Kawelasan ; Refleksi Kejadian Hari ini di Surabaya, Sidoarjo Jawa Timur,


Sebelumnya turut berduka untuk Indonesia, dan menyadari bahwa yang terjadi juga oleh anak anak bangsa sendiri. Aku tak ingin turut membenci, dan menawarkan pensikapan dengan refleksi berdasar tulisan dari Tunjung Dhimas Bintoro ini:

Keyakinan

Hampir setiap hari di kehidupan fana ini kita dihadapkan dengan jutaan bentuk paham keyakinan. Sementara setiap hari kita harus kuat merawat satu keyakinan yang kita yakini, entah yang muncul dari sanubari atau paksaan dari suatu sekte-sekte tertentu. Bahkan warisan orang tua yang jatuh turun diikuti begitu saja.

Konon keyakinan menuju jalan keabadian itu hanyalah satu. Namun setelah diri ini diperlengkapi dengan panca inderawi (sarwa genep). Keyakinan itu pecah menjadi ribuan paham kepercayaan yang memaksa untuk dipercayai setiap harinya. Tak jarang, sering menimbulkan resah serta kekwatiran tertentu. Ujungnya memborok menjadi penyakit-penyakit batin yang meradang.

Jatuhnya pada perselisihan paham-paham keyakinan satu sama lain. Lalu apa yang perlu kita ketahui, dan bagaimana menyikapi hal tersebut. Kita perlu mengetahui adanya realitas kasunyatan. Tidak berpangku pada cara pandang dunia inderawi semata. Karena dunia inderawi itu tidak pernah permanen.

Menyelami diri lebih mendalam, merenungkan antara pikiran dan rasa yang dialami setiap harinya. Membuka diri lebih luas dalam menerima segala perubahan yang nampak dalam bentuk material ataupun immaterial. Satu prinsip keyakinan itu utamanya, namun jutaan bahasa penalaran tetap harus ditampung serta dipilih yang sesuai dan dicocokan dengan diri pribadi. Tak perlu menuding penilaian satu pribadi dengan pribadi lain. So, life must go on. Be humble and be agent of change start from your self. No worries, we are create by Great Painters.

~ Tunjung Dhimas Bintoro

 

Gusti Nyuwun Kawelasan, ……..Ampunilah kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami….

Semoga segera dapat diatasi. Amin

 

Yogyakarta, 14 Mei 2018

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.