…. karena Sukses adalah …..


Aku ingin membagikan tulisan dari Group Telegram mengenai Sukses. Jawaban yang sering diberikan oleh Kids Jaman Now, apabila ditanyakan tentang tujuan hidup atau cita citanya. Semoga dapat menjadikan bahan refleksi.


SUKSES
Setyo Hajar Dewantoro:

Malam ini mari kita merenung tentang arti sesungguhnya kesuksesan. Dan bagaimana kita bisa mencapai kesuksesan yang sesungguhnya. Kita membahas ini karena kata sukses kadung diwacanakan sangat luas dan mau tak mau ada dalam memori kita. Setidaknya itu terekspresikan dalam hasrat pribadi untuk sukses, atau kehendak agar anak anak kita bisa mencapai sukses.

Tidak tepat mengartikan kesuksesan bisa menjadi akar duka. Ilusi tentang sukses membuat kita membanting tulang dan menghabiskan waktu untuk mengejar bayang bayang. Saat kita merasa sudah meraih sukses, ternyata tidak otomatis jiwa menjadi damai dan bahagia. Atau, sebagian orang malah tak kunjung meraih apa yang didefinisikan sebagai sukses.

Kesuksesan dalam perspektif jiwa yang berkesadaran, sesungguhnya tidak mesti terkait dengan realitas yang penuh gebyar. Kekuasaan, kekayaan, bukanlah ukuran kesuksesan. Orang yang punya jabatan tinggi, atau kaya raya, belum tentu bisa dikatakan benar benar sukses. Jika semua capaian itu tidak seiring dengan kesadaran yang semakin tinggi dan jiwa yang semakin murni, dan itu diraih dengan cara yang destruktif, bisa dinyatakan mereka masih belum berhasil.

Kesuksesan sejati adalah kondisi saat seseorang bisa melahirkan mahakarya sesuai talenta dan misi hidupnya ..dan dalam kondisi itu, jiwa semakin murni dan dipenuhi kebijaksanaan. Seorang petani bersahaja yang hatinya penuh ketulusan, yang bisa tersenyum bahagia menyambut matahari pagi, dan kerja kerasnya membuat orang di sekelilingnya tersenyum, bisa dikatakan sebagai orang yang sukses. Inilah contoh jiwa agung.

Seorang presiden yang tetap rendah hati, dituntun selalu oleh Guru Sejatinya, dan bisa menjadikan negara yang dipimpinnya semakin sejahtera, bisa dikatakan juga sebagai orang sukses. Ialah jiwa agung yang menjalankan Misi sebagai Satria Pinandhita.

Jadi, sejatinya kesuksesan adalah tentang menjadi diri sendiri, merealisasikan apa yang ada di dalam diri. Ini bukan tentang mengejar dan memburu sesuatu yang diasumsikan hebat. Ini tentang mengenali diri dan hidup semakin selaras dengan tuntunan Guru Sejati, yang berbuah damai, bahagia dan hidup penuh arti.


…maka dengan demikian Kids Jaman Now, dapat lebih berani untuk menjadi diri sendiri.

 

Yogyakarta, 15 Mei 2018

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.