Proposal Management Konflik berbasis Psikodrama


Konflik merupakan hal yang lazim terjadi di dalam kehidupan manusia, apalagi dalam organisasi di mana target dan tekanan untuk pencapaian sering terjadi. Konflik bukan hal buruk apabila dapat diatasi, sebab dapat memicu munculnya terobosan baru dalam penyelesaian masalah serta ide ide inovatif lainnya.

Permasalahan besar dalam organisasi akan muncul jika konflik tidak dapat diselesaikan. Kegagalan dalam penyelesaian konflik dapat menimbulkan berbagai dampak serius yang mampu menggoyahkan bahkan menghancurkan sebuah organisasi. Berbagai pola konflik dapat muncul, mulai dari konflik hubungan antara atasan dan bawahan, konflik karena keterkaitan kerja, perbedaan prioritas menimbulkan berbagai dampak serius jika tidak dapat diselesaikan. Organisasi yang memahami hal ini berusaha untuk menjembatani penyelesaian konflik ini dengan melakukan berbagai upaya, termasuk di dalamnya pelatihan management konflik yang diharapkan dapat membawa penyelesaian konflik.

Cara cara konvensional dalam memberikan pelatihan memang membawa pengetahuan bagi pesertanya untuk memahami konflik, namun dalam level pengetahuan. Secara logika semua pengetahuan itu masuk di akal dan terlihat mampu dilaksanakan. Namun konflik melibatkan emosi yang dalam bagi orang orang yang terlibat di dalamnya. Saat emosi terlibat, maka konflik masuk ke pikiran bawah sadar dan mempengaruhi banyak aspek kehidupan bagi mereka yang terlibat. Pengetahuan logis yang bermain di level pikiran sadar sulit mengatasinya sebab pikiran bawah sadar manusia sangat dominan dalam mempengaruhi individunya.

Psikodrama, merupakan sebuah metode yang digagas oleh Joseph Moreno. Dalam psikodrama, spontanitas dan kebebasan menjadi kata kunci. Tidak dibutuhkan banyak teori di sini. Peserta diajak memainkan peranan , dimana ia kemudian belajar dan paham dari peran yang ia mainkan. Dalam psikodrama, pemahaman itu ditemukan sendiri melalui peran yang ia mainkan, dalam muatan emosi yang tinggi sehingga mengendap jauh ke alam bawah sadar di mana memory ini akan tersimpan abadi, dan mempengaruhi perilaku individu dalam kehidupan selanjutnya.

Psikodrama membuat orang berani berekspresi, mengeluarkan emosinya, memahami diri sendiri serta kebutuhannya sehingga mampu menyembuhkan luka batinnya sendiri. Pada level hubungan interpersonal, psikodrama juga mengasah ketrampilan berkomunikasi, berempati serta memahami sudut pandang orang lain.

Membawakan pelatihan management konflik dengan menggunakan metode psikodrama merupakan pola baru dalam dunia pelatihan yang membawa angin segar. Saat permasalahan konflik melibatkan emosi mendalam, maka kekuatan drama akan mendorong pada perubahan kesadaran dan perilaku dari pesertanya. Dengan begitu pelatihan Management Konflik berbasis Psikodrama ini sangat membantu peserta untuk menemukan keseimbangan dalam menghadapi kompleksitas dalam dunia pekerjaan.

Fasilitator
Retmono Adi , Praktisi Psikodrama, seorang pecinta teater yang sekaligus Psikolog lulusan Universitas Gadjah Mada. Ia mengawali karirnya sebagai praktisi HRD di perusahaan Nasional, Perkayuan, Manufaktur, dan terakhir di Pertambangan. Dalam berbagai pencarian, akhirnya ia memutuskan untuk mengawinkan hobby dan profesinya dengan fokus pada Psikodrama dan menerapkan dalam berbagai bidang kehidupan melalui pelatihan. Ia telah mengembangkan dan menerapkan pelatihan berbasis drama ini sejak tahun 2010 dan menjadi fasilitator pelatihan berbasis drama baik untuk perusahaan, para psikolog, konselor, pendidikan maupun spiritual.

Topik Bahasan
1. Kecerdasan emosi
2. Leadership
3. Memahami berbagai peran dalam hidup
4. Team work, team building, team spirit.
5. Komunikasi Interpersonal dan intrapersonal

Sasaran Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta diharapkan :
– Memiliki sikap mental dan kepribadian yang kuat.
– Memiliki keseimbangan antara logika dan perasaan
– Menjadi pemimpin yang memiliki Empati

Metode Pelatihan
Psikodrama

Peserta Pelatihan
Karyawan Pimpinan maksimum 30 orang

Durasi Waktu
Pelatihan dilaksanakan dalam total waktu 16 jam ( full )

Person Kontak
Jefry Simanullang – 081225420777 – Yogyakarta

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.