Kehidupan Profesional Jacob Moreno (1889 – 1974) Bapak Psikodrama


Jacob Levy Moreno (1889-1974) adalah seorang psikiater abad ke-20 yang mengembangkan terapi yang disebut Psikodrama.

Kehidupan Profesional

Jacob Moreno lahir pada 18 Mei 1889 di Bucharest, Rumania. Beberapa tahun kemudian, keluarga Moreno pindah ke Wina. Dia belajar kedokteran di Universitas Wina, mendapatkan gelarnya pada tahun 1917. Dia adalah seorang psikiater berpraktek dekat Wina antara 1918 dan 1925. Moreno menggunakan banyak pendekatan dalam terapi, termasuk psikodrama, sosiatri, sosiometri, dan psikoterapi kelompok.

Pada tahun 1925, Moreno pindah ke New York City, di mana ia bekerja sebagai psikiater dan terus bereksperimen dengan psikodramatik. Dia memperkenalkan terapi kelompok ke sekolah-sekolah dan penjara, seperti Sing Sing, dan dia mengumpulkan hasil penelitiannya di sana ke dalam sebuah buku berjudul Who Shall Survive ?: Yayasan Sociometry, Group Psychotherapy, dan Sociodrama, diterbitkan pada 1934. Dia mendirikan Beacon Hill Sanitarium, berganti nama menjadi Sanitarium Moreno dan kemudian, Institut Moreno, di mana dia adalah dokter yang bertanggung jawab antara tahun 1936 dan 1968.

Moreno memulai beberapa jurnal, termasuk Impromptu, Sociometry, Group Psychotherapy, dan International Journal of Sociometry and Sociatry. Dia adalah seorang profesor sosiologi di New York University dari 1952-1966, dan dosen tamu di sejumlah universitas, termasuk Sekolah Baru untuk Penelitian Sosial, dari 1937-1938, dan Universitas Columbia, dari 1939-1940. Moreno juga mendirikan Teater Impromptu di Carnegie Hall dan Psychodramatic Institute di Beacon. Dia bertanggung jawab langsung atas pengakuan Asosiasi Psikiatri Amerika tentang psikoterapi kelompok sebagai bentuk pengobatan yang kredibel dan dapat dijalankan.

Kontribusi untuk Psikologi
Ketika di sekolah, Moreno mulai mengembangkan teorinya sendiri untuk praktik terapeutik yang jelas berbeda dari Sigmund Freud. Daripada menganalisis masa lalu klien, Moreno lebih suka fokus pada saat ini dan masa depan melalui penggunaan hubungan interpersonal. Ketertarikan Moreno di teater membuatnya mengembangkan teknik psikodrama. Sesi psikodrama berfokus terutama pada satu orang, yang disebut protagonis. Teknik seperti pencerminan perilaku protagonis dan pembalikan peran digunakan untuk membantu peserta untuk lebih memahami perilaku dan perasaan mereka sendiri, serta perilaku dan perasaan orang lain. Ada pusat psikodrama di seluruh Amerika Serikat, dan pendekatan ini tetap relatif populer dalam setting terapi kelompok.

Selama adegan psikodrama, para peserta melakukan (bertindak) emosi mereka dengan bereaksi terhadap orang lain. Moreno menekankan spontanitas dan umpan balik dalam adegan psikodrama. Moreno percaya bahwa spontanitas dan kreativitas mendorong kemajuan manusia ke depan; ia berpendapat bahwa cinta dan mutualitas adalah elemen kunci kehidupan dalam kelompok dan kepercayaan pada anggota kelompok memainkan peran penting dalam kehidupan. Moreno berpendapat bahwa sebuah komunitas yang menekankan prinsip spontanitas dan kreativitas adalah mungkin dan merupakan tujuan yang layak untuk diusahakan.

Moreno menciptakan istilah sociatry dan sociometry. Dia menggunakan sosiatri untuk mengacu pada hubungan sosial yang sehat, dan sosiometri untuk merujuk pada studi ilmiah tentang hubungan antar individu. Dalam bidang sosiologi, Moreno membantu mengembangkan analisis jaringan sosial. SNA adalah proses mengevaluasi peran seseorang dalam suatu kelompok dengan memetakan hubungan dan jaringannya.

Referensi:
1. Amar, Nadine. (2005). Jacob L. Moreno. International Dictionary of Psychoanalysis. Retrieved from http://www.gale.cengage.com/InContext/bio.htm
2. Marineau, R. F. (2007). The birth and development of sociometry: The work and legacy of jacob moreno (1889-1974). Social Psychology Quarterly, 70(4), 322-325. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/212706756?accountid=1229
3. Moreno, Jacob L. (n.d.). American National Biography Online. Retrieved from http://www.anb.org/articles/12/12-02119-print.html

Terjemahan bebas dari :
https://www.goodtherapy.org/famous-psychologists/jacob-moreno.html

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

4 tanggapan untuk “Kehidupan Profesional Jacob Moreno (1889 – 1974) Bapak Psikodrama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.