Psikodrama adalah Action Method ; Terjemahan dari Wikipedia


Psikodrama adalah Metode Tindakan (Action Method), sering digunakan sebagai psikoterapi, di mana klien menggunakan dramatisasi spontan, bermain peran, dan presentasi diri yang dramatis untuk mengungkapkan dan mendapatkan wawasan tentang kehidupan mereka.

Psikodrama dikembangkan oleh Jacob L. Moreno, Psikodrama mencakup elemen teater, sering dilakukan di atas panggung, atau ruang yang berfungsi sebagai area panggung, di mana alat peraga dapat juga digunakan. Terapi Kelompok psikodrama, yang dilakukan di bawah arahan psikodramatis berlisensi, memperagakan kembali kehidupan nyata, situasi di masa lalu (atau proses mental batin), melakukan semua itu di masa sekarang. Peserta kemudian memiliki kesempatan untuk mengevaluasi perilaku itu semua, merefleksikan bagaimana insiden masa lalu dimainkan di masa sekarang dan lebih dalam memahami situasi tertentu dalam kehidupan mereka.

Psikodrama menawarkan cara kreatif bagi individu atau kelompok untuk mengeksplorasi dan memecahkan masalah pribadi. Ini dapat digunakan dalam berbagai setting klinis dan berbasis komunitas, dan paling sering digunakan dalam setting kelompok, di mana anggota kelompok berfungsi sebagai agen terapeutik satu sama lain dalam drama yang ditetapkan.
Psikodrama bukanlah bentuk terapi untuk kelompok, melainkan merupakan psikoterapi individual yang dijalankan dari dalam kelompok. Ada “manfaat sampingan” yang mungkin dialami oleh anggota kelompok lainnya, karena mereka membuat hubungan dan wawasan yang relevan dengan kehidupan mereka sendiri dari psikodrama orang lain. Psikodrama paling baik dilakukan dan diproduksi oleh seseorang yang terlatih dalam metode ini, yang disebut direktur psikodrama.

Dalam suatu sesi psikodrama, satu klien dari kelompok itu menjadi protagonis, dan berfokus pada situasi yang khusus, pribadi, dan bermasalah secara emosional untuk didramakan di atas panggung. Berbagai adegan dapat diberlakukan, yang menggambarkan, misalnya, ingatan tentang kejadian tertentu di masa lalu klien, situasi yang belum selesai, inner drama, fantasi, mimpi, persiapan untuk situasi pengambilan risiko di masa depan, atau ekspresi keadaan mental yang tidak dipahami di sini dan sekarang. Adegan ini sebaiknya mendekati situasi kehidupan nyata atau eksternalisasi proses mental batin. Anggota lain dari kelompok tersebut dapat menjadi pembantu, dan mendukung protagonis dengan memainkan peran penting lainnya dalam adegan atau mungkin melangkah masuk, sebagai “double” yang memainkan peran protagonis.

Prinsip inti psikodrama adalah teori “kreativitas spontanitas” Moreno. Moreno percaya bahwa cara terbaik bagi seorang individu untuk merespons secara kreatif terhadap suatu situasi adalah melalui spontanitas, yaitu melalui kesiapan untuk berimprovisasi dan merespons pada saat itu. Dengan mendorong individu untuk mengatasi masalah dengan cara yang kreatif, bereaksi spontan dan berdasarkan dorongan hati, mereka mungkin mulai menemukan solusi baru untuk masalahnya dan belajar peran baru yang dapat mereka gunakan dalam hidup mereka.

Fokus Moreno pada tindakan spontan dalam psikodrama dikembangkan di Theater of Spontaneity, yang ia arahkan di Wina pada awal 1920-an. Kecewa dengan stagnansi yang dia amati di teater konvensional yang ditulis, dia menemukan dirinya tertarik pada spontanitas yang diperlukan dalam kerja improvisasi. Ia mendirikan rombongan improvisasi pada tahun 1920-an. Karya di dalam teater ini berdampak pada perkembangan teori psikodramatisnya.

diterjemahkan bebas dari:
https://en.wikipedia.org/wiki/Psychodrama

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

9 tanggapan untuk “Psikodrama adalah Action Method ; Terjemahan dari Wikipedia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.