Role Play mengenal Profesi, Psikodrama untuk Anak-anak TK


Kamis, tanggal 20 September 2018, di TK Nasional Ceria, Ngaliyan Semarang, Saya diundang untuk bermain Psikodrama bersama Anak-anak TK. Tema nya adalah mengenal Profesi.

Saya datang jam 07.50 WIB, sudah banyak anak-anak yang antri di Gerbang diantar oleh orang tuanya. Ramai suasananya, anak-anak langsung diserahkan ke guru-guru, dan beberapa orang tua ada yang tetap tinggal di sekolah untuk ikut nonton, anak-anaknya akan bermain.

Anak-anak berbaris masuk ruangan, dipimpin oleh Ibu Guru, diajak langsung ke aula atas. Ruang Aula atas cukup luas, sudah di setting seperti Restoran, beberapa meja kecil di kelilingi 4 kursi kecil, ada juga setting dapur, etalase makanan, dan meja Kasir. Serta beberapa bentuk makanan (mainan), uang (mainan) dan perlengkapan makan serta perlengkapan dapur (mainan)

sebelum dimulai Anak anak diberi arahan oleh para guru, tentang permainannya. Mereka ditawarkan untuk menjadi pemain, menjadi apa yang mereka suka. Beberapa anak diarahkan untuk menjadi pembeli, pelayan, tukang masak dan kasir. Beberapa yang menjadi pembeli ditawarkan untuk menjadi Polisi, Dokter, Tentara, Perawat dan mereka diberi kostum sesuai Profesi itu.

Saat bermain, Para Guru juga terlibat, ada yang turut menjadi Pembeli duduk di kursi sambil menunggu pesanan. Ada yang bertugas di dapur turut mengatur makanan yang akan disajikan. Anak-anak berlalu lalang seperti layaknya di rumah makan. Beberapa orang tua ada yang turut menuntun anaknya, beberapa tetap menonton saja. Suasana ramai mereka saling berinteraksi.

Awalnya saya mengamati, setelah melihat anak-anak itu asyik dengan aktivitasnya, Saya mengambil Gitar dan menempatkan diri agak di sudut dan memainkan gitar itu pelan dan lembut, agar tidak menarik perhatian,..ada yang melihat dan memperhatikan, saya hanya tersenyum. Saya pun turut terlibat dengan menjadi musisi yang memainkan musik di rumah makan itu.

Tidak lebih dari satu jam permainan selesai, anak anak dibawa ke bawah untuk istirahat bermain bebas di taman bermain, minum dan makan makanan kecil. Sementara saya tetap tinggal di aula atas melanjutkan dengan diskusi dengan orang tua anak-anak itu.

Role Play pendek ini memberikan Pengalaman pada Anak anak dalam mengenal Profesi. Salah satu bentuk pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu dengan saling berinteraksi, anak anak belajar peran sosial, anak anak belajar melayani, anak anak belajar memahami keberadaan orang lain.

Demikian Psikodrama (metode Role Play) dapat dipakai untuk memberikan pelajaran tentang Profesi dan Belajar Sosial pada Anak-anak, juga secara tidak langsung mengajarkan Pendidikan Karakter.

Yogyakarta, 23 September 2018

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.