Menulis Buku : Ide 1 Persen, Selanjutnya 99 Persennya Kerja Keras


Sabtu, 29 September 2018, Aku ikut seminar yang diadakan oleh Keluarga Alumni Gadjah Mada, KGM, mengenai bagaimana Menulis Buku. Ada beberapa hal penting yang ingin aku catat dan aku bagikan dalam mengikuti acara itu. menurutku ini berguna untuk menulis buku atau pun untuk berkarya atau membuat Produk yang akan dijual.

Penceramah mengungkapkan 3 hal penting dalam menulis buku, yaitu :
1. Manfaat
Tentukan manfaat yang didapatkan bagi orang yang akan membaca tulisan yang akan kita buat. Hal ini perlu dilihat juga dengan mempertimbangkan bahwa mereka sudah mengeluarkan uang untuk membeli buku kita, lalu meluangkan waktu untuk membacanya. Manfaat ini bisa juga disebut impact, misalnya bisa menghibur, menginspirasi, setelah membaca bisa menangis, setelah membaca bisa mengetahui sesuatu yang sebelumnya belum diketahui, dll.
2. Pembeda
Bisa jadi bahwa buku yang kita tulis juga ditulis oleh orang lain, maka kita perlu memiliki perbedaan. Bisa kelompok sasarannya, gaya bahasanya, cara menuliskannya, dll
3. Kepercayaan
Dalam hal ini saya menyebutnya Reputasi. Bahwa kita dapat dipercaya, termasuk tulisan kita didapat dari cara yang etis, penyelesaian buku yang sesuai kesepakatan waktu dengan agensi atau penerbit. Kepercayaan perlu diperjuangkan, Reputasi perlu dibangun. Bukan Sesuatu yang ada dengan sendirinya.

Selain ketiga hal tersebut ada pernyataan penting untuk siapa saja yang ingin menulis yang aku ingat ada 2, yaitu: Tujuan dan Sarana nya.

Penceramah memberikan contoh yang menarik dan sederhana serta mudah untuk dimengerti. misalnya Tujuan kita ke Kota Surabaya dari Yogyakarta, jika berjalan kaki akan perlu waktu Seminggu, bila naik sepeda bisa 2 Hari, bila naik Mobil sendiri bisa Setengah Hari, bila naik Pesawat bisa 2 Jam. Tentunya setiap Sarana itu memiliki konsekwensinya.

Yang ingin ditekankan oleh Penceramah bahwa adalah penting memiliki sarana yang tepat agar tujuan dapat dicapai seperti yang diharapkan.

Penceramah menawarkan sarana/Cara/tools dalam menulis yaitu :
1. Membuat daftar isi nya dulu sampai lengkap, baru dilengkapi dan dijelaskan per bagian-bagiannya.
2. Jika kehabisan ide dapat mengunakan Sarana Mind Map, baik secara manual atau pun dengan menggunakan Aplikasi yang dapat diunduh di Play Store. Dengan Mind Map ini semoga tidak akan kehabisan ide. Ditambahkan oleh penceramah bahwa Ide hanya 1% saja, selanjutnya yang 99% adalah kerja keras.

Demikian Catatan yang kubuat, untuk mengingatkan pada diriku sendiri. Jika ada kawan yang ikut juga pada hari itu, dan ada tambahan yang perlu, Feel Free aja….silahkan tulis di komentar,…

Terima Kasih.

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

One thought on “Menulis Buku : Ide 1 Persen, Selanjutnya 99 Persennya Kerja Keras”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.