“JUMAT BAHAGIA” bersama PSIKODRAMA di Samarinda


Jumat pagi, tiba tiba HP berbunyi ada pesan dari seorang kawan di PASKAS Samarinda, Dia bercerita bahwa hari ini mereka akan mengadakan acara “JUMAT BAHAGIA” untuk 35 orang anak dari suatu pondok binaan mereka. Temanya “Jumat Bahagia” karna acara ini memang diadakan untuk membuat anak anak asuh mereka agar merasa gembira dan dia menanyakan apakah saya bisa membersamai dan mengisi acara tersebut dan membantu membuat anak anak merasa bergembira. Dan tentu saja dengan senang hati saya menyetujuinya.

Karena panitia belum punya ide mau diisi apa acara jumat bahagia kali ini selain acara inti mereka, maka saya tawarkan untuk mengisi acara “Jumat Bahagia” kali ini dengan BERGEMBIRA BERSAMA PSIKODRAMA, dan mereka menyetujuinya. Waktu yang saya punya tidak banyak, sekitar 1 jam dan akan ditaruh di awal sebagai acara pembuka, jadi saya putuskan untuk memainkan Sculpture untuk menciptakan suasana gembira sesuai tema dan tujuan acara hari ini, membuat anak anak merasa GEMBIRA.

Acara di mulai dengan perkenalan dan saya mengatakan bahwa kami akan bermain dan bergembira bersama sore ini, anak anak mulai bertanya tanya dan penasaran dengan apa yang akan kami lakukan, di awal saya memainkan sclupture dengan membentuk pohon.

Awalnya sebagian anak masih malu malu, saya tidak memaksa mereka, saya ingin mereka merasa nyaman dengan dirinya. Saya berusaha memberikan instruksi dengan lembut dan gembira sehingga mereka merasa lebih nyaman untuk bergerak dan mengekspresikan dirinya, termasuk mengekspresikan kegembiraannya. Sampai akhirnya suasana mencair dan mereka mulai tertawa melihat bentuk bentuk pohon, bunga dan air mancur yang mereka buat dan mereka menikmati apa yang mereka lakukan dan bergerak dengan lebih bebas dan spontan. Suasana menjadi sangat riuh karena peserta hari ini memang cukup banyak.

Permainan meningkat saya meminta mereka untuk membuat suasana, Saat membuat suasana biasanya saya akan sesuaikan dengan peserta yang mengikuti kegiatan psikodrama dan karena kali ini pesertanya adalah santri pondok pesantren penghafal Al Quran maka saya membuat suasana yang sesuai dengan kegiatan mereka juga gambaran dari harapan mereka di masa depan. Kali ini saya mulai dengan, “Membuat suasana pondok yang nyaman”, Suasana belajar menghafal di pondok yang menyenangkan, Suasana saat mengikuti perlombaan Hafidz international dan Suasana saat memenangkan perlombaan Hafidz international.

Suasana menjadi sangat ramai dan tawa mereka memenuhi seisi ruangan saat saya bertanya mereka jadi apa..??, susunan nya ternyata tak selaras lalu mereka ramai ramai menertawakan diri sendiri dan rekan rekan lain yang ternyata salah juga. Tapi yaaa nggak papa salah kan boleeeeh. Dan mereka tetap bisa menikmati apa yang mereka lakukan dengan gembira.

Dan hari ini karena waktu yang sangat terbatas saya tidak bisa menanyakan satu persatu bagaimana perasaan mereka bermain dengan Psikodrama, tapi MELIHAT TAWA MEREKA itu sudah cukup buat saya. Melihat tawa mereka rasanya saya juga jadi bahagia.

Kau tau kenapa saya Bahagia, karena saat kita berusaha membahagiakan orang lain maka kebahagiaan itu akan kembali pada diri kita, bahkan jauh lebih BESAR…..

 

Samarinda 19 Oktober 2018

Adinda Putri

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.