Salam Manis dari Fakultas Psikologi Universitas Selamat Sri Kendal


Nama saya Erna Nurul Hikmah dari Fakultas Psikologi Universitas Selamat Sri, saya akan menuliskan kesan saya saat mengikuti Psikodrama yang dibimbing langsung oleh pakar psikodrama bapak Retmono Adi. Awalnya saya penasaran, antusias sekali untuk mengikutinya, dan tidak sabar, tapi juga ada sedikit rasa takut. Saya tidak menyangka akan bertemu dengan ahli psikodrama bapak Retmono Adi. Saya sangat senang sekali karena saya bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan suatu kehormatan tersendiri bagi saya bisa bertemu dengan pakar psikodrama.

Ini bagi saya pengalaman yang luar biasa karena menurut saya hal yang mustahil bisa bertemu dengan orang-orang yang hebat seperti pak Retmono Adi, namun berkat pak Wisnu khayalan saya yang tadinya tidak mungkin sekarang bisa menjadi nyata.

Waktu hari H saat menunggu kedatangan pak Retmono Adi perasaan saya campur aduk ada rasa tidak sabar, ada rasa penasaran, ada juga rasa senang dan bangga. Setelah pak Retmono Adi datang tiba-tiba saya merasa takut karena mungkin belum mengenal beliau, dengan berjalannya waktu perasaan takut itu berubah menjadi asik, senang dan gembira.

Seharian kita diajarkan bagaimana cara menghargai hidup. Bagi saya sendiri terkadang lalai tentang apa yang sudah Allah berikan. Saya lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh organ tubuh saya yang setiap hari membantu saya untuk menjalani hidup. Dengan cara ini lah saya disadarkan tentang arti kebersyukuran kepada diri saya, sehingga saya berfikir belum tentu apa yang saya miliki orang lain juga memiliki.

Saya juga diajarkan bagaimana caranya memaafkan walau itu berat bagi saya karena pada dasarnya meminta maaf itu hal yang mudah tapi memaafkan dengan ikhlas itu yang berat. Kita juga diajarkan betapa indahya kebersamaan dan diajarkan bagaimana caranya menghargai pendapat orang lain.

Sebetulnya saya juga ada rasa takut pada saat pak Retmono Adi menunjuk satu persatu untuk evaluasi (Sharing) tentang kegiatan yang sudah dijalani, namun saya juga merasa lega karena saya bisa meluapkan perasaan saya sehingga saya bisa meminta maaf dan memaafkan dengan ikhlas pada semua hal.

Saya akan menerapkan semua ini pada diri saya terlebih dahulu, namun jika diberikan kesempatan saya akan menerapkannya kepada orang lain.

Terimakasih kepada bapak Retmono Adi yang sudah bersedia mampir dan mengajarkan ilmu baru untuk saya dan teman-teman saya, dari sini saya merasa memiliki keluarga baru. Tidak lupa juga saya berterimakasih kepada pak Wisnu yang telah memperkenalkan kami dengan beliau. Saya berharap kita masih diberikan kesempatan untuk berjumpa lagi dan menambah pengalaman saya lagi.

Saya senang sekali bisa mengikuti Psikodrama ini karena pada dasarnya saya juga suka dengan teater atau drama.

Salam manis dari kami Fakultas Psikologi Universitas Selamat Sri.

 

Kendal, 25 November 2018

Erna Nurul Hikmah

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.