Berdamai dengan Diri Membuat Hidup lebih Baik #Goresanku 144


Saya menulis ini berawal dari obrolan dengan salah satu teman guru yang bulan September lalu juga ikut Psikodrama. Sebenarnya dia sudah sering mendengar tentang apa itu psikodrama. Setelah merasakan sendiri dengan ikut Psikodrama, ternyata banyak hal positif yang dia dapatkan.

Ada beberapa teknik yang diberikan dalam ber-Psikodrama. Menurutnya yang paling berkesan adalah saat dia menjadi tokoh Protagonis, yang mana ceritera masa kecilnya direcall dan dimainkan. Di situ dia bisa dengan lepas mengeluarkan semua uneg2 yang ada selama ini.

Selama ini ada perasaan dendam yang sangat dalam terhadap bapaknya, karena merasa diperlakukan tidak adil. Dia merasa bapak pilih kasih dalam memberikan perhatian di antara saudara2 dan dirinya. Bahkan perlakuan fisik pun sering dia terima. Perasaan dendam itu masih terus ada di kala bapak dipanggil Tuhan. Seakan dia tidak bisa terima semua perlakuan yang dia terima.

Dan setelah mengikuti Psikodrama, dia mulai bisa membuka hati untuk membuang rasa dendam yang selama ini tertutup rapat dalam hati. Dia pun sadar bila rasa dendam itu adalah penyakit hati yang bisa merusak diri dan harus segera dihilangkan. Dan dengan memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri itu bisa membuat ” kelegaan hati “.

Yang menarik dari obrolan kami dan itu sempat membuat saya merinding, adalah disaat dia mengatakan ” Psikodrama bisa membuat saya menjadi seorang Pemaaf “.

Benarlah …. bisa berdamai dengan diri sendiri akan mampu membuat hidup lebih baik.

Terimakasih psikodrama …… katanya.

 

Semarang, 24 November 2018

Kusuma

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.