Obrolan di Warung Kopi tentang Rencana Psikodrama di Jakarta


Usai acara Pengenalan Psikodrama di Hotel Cakra Kembang Yogyakarta, Temenku mengajak minum kopi sambil ngobrol rencana tindak lanjut dari kerjasama ini. Ia sudah cukup pengalaman mengadakan EO, terutama tentang Pelatihan untuk Pengembangan Diri, baik Pengembangan Personal maupun Profesi.

Salah satu peserta mengungkapkan dalam Lingkaran Penutup, bahwa Acara seperti ini sangat menarik. Sebuah Pelatihan hampir sepenuhnya aktif, tidak menulis tanpa Slide Proyektor, Emosinya dapat, pemahamannya dapat dan menjadi Yakin mampu melakukannya. Belum pernah ia mendapatkan pengalaman seperti itu. Dia yakin bahwa Metode ini (Psikodrama/Action Metode) akan laku jika ditawarkan di Jakarta. Aku senang mendengarnya dan kami di Warung Kopi (Caffee) ingin menindaklanjutinya.

Di Jakarta pernah aku adakan Acara Psikodrama ini, memang cukup antusias pesertanya, namun itu masih kalangan terbatas. Waktu itu aku masih belum tahu “selera” orang Jakarta dengan Psikodrama. Sekarang sudah cukup banyak yang mengetahui Psikodrama, dan aku sendiri juga sudah cukup Percaya Diri (jam terbangku sudah cukup banyak) maka kami putuskan akan melakukan di Jakarta.

Bulan Maret, ini aku sudah akan ber Psikodrama di Jakarta, kerjasama dengan temen yang akan mempromosikan Cafe Baru nya. Ditawarkan ke publik dengan harga Promo, cukup membayar kopi nya saja. Sebuah konsep yang menarik Psikodrama dilakukan di Cafe, sasarannya karyawan muda yang masih beradaptasi di tepat kerjanya, atau mahasiswa tingkat akhir yang mungkin membutuhkan gambaran tentang dunia kerja.

Ternyata Bulan April Kawan Yogya ku sudah banyak mengadakan acara, maka kami akan mengadakan setelah Lebaran saja, sekalian mencari waktu yang tepat. Dari pengalamannya dalam mengadakan acara penentuan waktu sangat berpengaruh terhadap banyaknya peminat. Apalagi di Jakarta, jika dilakukan akhir minggu, banyak yang tidak suka, karena itu waktu untuk keluarga. Jika dilakukan hari kerja, inginnya dibayari kantor dalam rangka dinas. Apabila kelompok sasarannya Mahasiswa/Pelajar perlu kerjasama dengan institusi Pendidikan nya, jika tidak harganya perlu disesuaikan juga. Aku setuju saja, selain aku tidak pengalaman dalam membuat acara, masih ada cukup waktu untuk pembicaraan lebih detailnya.

Intinya kami akan mengadakan Psikodrama di Jakarta, waktu dan tempatnya akan dibicarakan kemudian. Kopi sudah datang dan makanan juga menyertainya. Maka kami makan dengan melanjutkan obrolan lain.

 

Yogyakarta Maret 2018

 

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.