7 Teknik Mengolah (Shadow) Sisi Gelap Diri untuk Penyembuhan Luka Batin Masa Lalu


Kita semua memiliki sisi gelap di dalam diri kita. Setiap hari, kita bertarung melawan mereka – terkadang kita kalah, kadang kita menang. Sisi gelap ini yang menghantui kita dapat dilihat dalam pandangan sekilas atau dalam keadaan penuh kekalutan. Dan karena kesalahan dan rasa malu kita, kita cenderung mengabaikan dan menguburkan mereka.

Kita berpikir bahwa mereka harus tetap tersembunyi karena mereka tidak dapat dan tidak seharusnya ada dalam diri kita yang sadar. Masyarakat mengatakan pada kita untuk fokus pada pemikiran positif/ hal baik seperti cinta dan terang, tetapi tidak pada sisi gelap atau shadow. Fokus pada sisi positif itu mudah dan nyaman.

Tidak peduli mayoritas dari kita menghindari sisi gelap dari kepribadian kita. Bagaimanapun, saat kita fokus hanya pada terang tidak membuat kita mendapatkan kedalaman keberadaan kita. Rasanya seperti tergantung pada kehangatan dan tidak jelas. Dalam pribadi setiap orang terdapat masalah yang sangat gelap/ kompleks. Untuk dapat melihat kedalaman diri kita, kita harus siap eksplorasi setiap diri kita melalui cara mengolah sisi gelap.

Berikut ini adalah pemikiran dasar yang diperlukan untuk memahami cara mengolahnya:

Di balik topeng sosial yang kita gunakan sehari-hari, kita memiliki sisi gelap : bagian impulsif, terluka, sedih, atau isolasi yang secara umum kita tolak. Sisi Gelap dapat menjadi sumber kekayaan emosional dan vitalitas, dan mengakuinya bisa menjadi jalan menuju penyembuhan dan kehidupan yang otentik. – Steve Wolf.

Pertama kita perlu mendefinisikan apa itu “shadow” (Sisi Gelap). Pada psikologi, Sisi gelap adalah istilah yang digunakan untuk merujuk bagian dalam diri kita yang kita tolak/ sembunyikan. Nama ini diciptakan dan dieksplorasi oleh seorang psikiatri dan psikoanalisis asal Swiss bernama Carl Gustav Jung.

Itu terdiri dari aspek kepribadian kita yang dianggap memalukan, tidak bisa diterima, jelek. Dapat berupa kecemburuan, kemarahan, nafsu, ingin berkuasa, atau pun luka yang timbul pada masa kanak-kanak yang kita sembunyikan. Anda dapat mengatakan hal tersebut adalah sisi gelap itu sendiri. Dan tidak peduli apa yang dikatakan orang lain, setiap orang memiliki sisi gelap pada kepribadian mereka.
Jung percaya bahwa jika sisi gelap dijahui, ia akan cenderung menyabotase kehidupan kita. Menyembunyikan (Repressing) nya dapat menimbulkan adiksi/kecanduan, rendahnya harga diri, penyakit mental, dan berbagai gangguan kejiwaan.

Setiap orang membawa sisi gelap, dan semakin tidak diwujudkan dalam kehidupan sadar individu, hal itu semakin gelap dan pekat. – Carl Jung

Syukur, kita masih bisa mengakui sisi gelap dan membuatnya menjadi perubahan yang positif. dengan melakukan pengolahan shadow, kita menerangi (mengungkap) diri kita yang gelap, alih-alih berpura-pura menjadi “terang”.

Berikut ini adalah 7 cara untuk berlatih mengolah sisi gelap :

1. Berikan perhatian mengenai emosi yang Anda rasakan

Tidak ada emosi yang buruk.
Emosi negatif kita adalah pintu gerbang untuk masuk ke dalam sisi gelap. Mereka membantu kita menentukan luka dan ketakutan kita.

Saat Anda merasakan sebuah emosi, coba ambil beberapa menit untuk identifikasi. Coba tanyakan diri Anda melalui pertanyaan berikut:

  • Apa yang Anda rasakan?
  • Mengapa Anda merasakan hal ini?
  • Tunggu jawaban

Jangan frustasi jika jawaban tidak segera datang. Terkadang jawaban perlu waktu untuk ditemukan dan Anda akan mengetahuinya.
Jangan pernah memaksakan jawaban dan langsung mengambil kesimpulan karena itu mungkin jawaban yang salah. Mengolah sisi gelap dianggap pekerjaan jiwa dan itu terjadi pada timeline tersendiri. Sabar saja dan ketahuilah bahwa pada waktunya, jawaban akan datang.

2. Identifikasi Sisi Gelap

Sisi gelap kita terletak di alam bawah sadar kita. Kita menguburnya di sana karena itu sulit untuk mengidentifikasinya. Untuk melakukan pengolahan Sisi gelap, kita perlu mengidentifikasinya.

Langkah pertama adalah menyadari perasaan berulang yang selalu Anda rasakan. Mengidentifikasi pola-pola ini akan membantu menerangi sisi gelap itu.

Beberapa keyakinan umum mengenai sisi gelap adalah:

  • Saya tidak cukup baik
  • Saya tidak layak dicintai.
  • Saya tidak sempurna
  • Saya bingung.
  • Perasaan saya tidak valid.
  • Saya harus menjaga semua orang di sekitar saya.
  • Mengapa saya tidak bisa normal seperti orang lain?

3. Investigasi perasaan Anda secara objektif dan penuh kasih sayang

Sulit untuk melakukan pengolahan sisi gelap secara objektif dan dengan kasih sayang. Lebih mudah untuk menyelidiki dan menyalahkan orang lain mengapa Anda berakhir seperti itu.

Di sisi lain, memahami mengapa orang yang menyakiti Anda bertindak dengan cara tertentu yang sulit diterima. Tetapi untuk menyembuhkan diri kita sendiri, kita harus memaafkan mereka yang menyakiti kita untuk terus maju.

Cobalah mengarahkan pemahaman bahwa mereka melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan pada saat itu atau hanya bertindak dari luka batin mereka sendiri.

4. Eksplorasi SIsi gelap

Psikolog menggunakan terapi seni sebagai cara untuk membantu pasien mengeksplorasi jati diri mereka. Itu karena seni adalah cara yang bagus untuk memungkinkan Bayangan Anda memanifestasikan dirinya. Berikut ini beberapa cara untuk mengungkap sisi gelap:

Journaling
Ketika Anda menulis, itu memungkinkan Anda untuk merasakan emosi dan mengosongkan pikiran Anda dari pikiran yang bergemuruh. Ini seperti sihir – bahkan ketika Anda menulis pemikiran yang tidak masuk akal.

Cukup tulis apa pun yang terlintas dalam pikiran Anda kerana tidak mungkin Anda salah dalam melakukannya.

Menulis sebuah surat
Tulis surat untuk diri sendiri atau orang-orang yang menyakitimu. Anda tidak harus benar-benar mengirim surat, biarkan semua perasaan Anda keluar.

Beri tahu orang tersebut apa yang Anda rasakan dan mengapa Anda merasakannya. Menulis surat akan membuktikan diri Anda dan emosi Anda. Anda dapat membakar surat setelah Anda menulisnya sebagai rilis simbolis.

Meditasi
Dalam meditasi, kita mendapatkan wawasan tentang mengapa kita merasakan cara-cara tertentu. Ini membantu kita memahami dan secara obyektif menggali lebih dalam tentang emosi kita, lalu membiarkan diri kita sembuh.

Salah satu contoh adalah meditasi pengampunan. Anda dapat menggambarkan seseorang yang melukai pikiran Anda dan berkata, “Semoga Anda bahagia, semoga Anda damai, semoga Anda bebas dari penderitaan.”

Merasa
Anda tidak akan pernah sembuh kecuali Anda membiarkan diri Anda menghadapi emosi yang Anda takuti. Jadi jelajahi, tulis tentang mereka, dan hasilkan seni dari mereka.

Untuk mengalami diri Anda secara keseluruhan, dicintai, and pantas dicintai, Anda harus mengakui emosi Anda.

Ingatlah bahwa sisi gelap tumbuh subur secara rahasia tetapi mereka adalah bagian dari siapa Anda. Bawa bagian tersembunyi dari diri Anda untuk menerangi dan memandikannya dengan self-love dan penerimaan diri.

Kadang-kadang, prosesnya menyakitkan tetapi itu akan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik.

5. Nurture your innner child
Trauma masa kecil kita dapat disebabkan oleh pola asuh orang tua atau orang lain yang menyakiti kita. Ini dapat mengakibatkan luka mendalam yang dapat menciptakan pola perilaku dan emosi yang menciptakan kepribadian kita.

Sebagian besar waktu, luka masa kecil kita adalah yang paling menyakitkan. Mereka menghantui kita dan memberi tahu kita bahwa kita tidak layak untuk dicintai, atau bahwa perasaan kita salah, atau bahwa kita harus mengurus semuanya karena tidak ada orang di sekitar untuk merawat kita.

Nurturing your inner child melibatkan perjalanan kembali ke masa dimana Anda terluka dan memberi diri Anda cinta. Anda dapat melakukannya dengan cara berikut ini:

1. Kembali ke waktu dalam hidup Anda ketika Anda merasa paling rentan.
Ini bisa menjadi adegan di mana Anda terluka atau saat dalam hidup Anda ketika Anda merasa rentan. Pegang citra diri Anda di dalam pikiran Anda. Tetap sadar, menerima semua pesan yang muncul selama waktu itu.

2. Berikan diri lebih muda Anda belas kasih
Sambil mengingat kembali momen itu, berikan cinta pada diri mudamu. Katakan pada diri sendiri, “Aku mencintaimu dan aku di sini untukmu. Ini akan baik-baik saja, itu bukan kesalahan Anda dan Anda tidak melakukan apa pun untuk mendapatkan ini. “Anda juga dapat memberikan pelukan pada diri Anda yang lebih muda.
Satu hal yang pasti ketika melakukan pengolahan sisi gelap, itu tidak nyaman, untuk sedikitnya. Siapa yang suka menikmati kekurangan, kelemahan, keegoisan, kebencian, dan semua emosi negatif yang mereka rasakan? Tak seorangpun.

Tetapi sementara berfokus pada sisi positif kita yang menyenangkan dan meningkatkan kepercayaan diri kita, pengolahan sisi gelap dapat membantu kita tumbuh dan berkembang menjadi versi yang lebih baik dari diri kita sendiri.

Jung menulis dalam buku Psychology and Alchemy, “Tidak ada cahaya tanpa bayangan(sisi gelap) dan tidak ada keutuhan jiwa tanpa ketidaksempurnaan.”

Dengan mengolah sisi gelap, kita menjadi utuh untuk menjalani kehidupan yang lebih otentik dan memuaskan.

 

Terjemahan bebas dari :
7 shadow work techniques to heal the wounded self – By Jude Paler – January 18, 2019

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

31 tanggapan untuk “7 Teknik Mengolah (Shadow) Sisi Gelap Diri untuk Penyembuhan Luka Batin Masa Lalu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.