Penerapan Psikodrama Masuk dalam Kelas #01 Skenario VS RPPH PAUD


Biasanya setiap pagi, yang mereka lakukan adalah mengeluarkan semua mainan dari dalam rak yang terdapat dalam kelas. Tetapi hari ini, yang terjadi berbeda dari biasanya.  Mereka duduk mengelilingi meja, entah apa yang sedang mereka bicarakan.

Mencoba untuk masuk dan mendengarkan pembicaraan mereka, usiran yang selalu terjadi.  Saya hanya bisa berbicara dari luar pintu “ 5 menit lagi ya “.  Tanpa jawaban.

5 menit berselang, kegiatan yang seharusnya dimulai, aku isi dengan mencoba bertanya apa yang mereka rencanakan.  Jawaban yang aku dapat “ Nanti kita mau main Mama-mama an sama Papa-papa an “.  Mereka menceritakan peran yang akan mereka mainkan.

Aku mencoba untuk memfasilitasi kesukaan mereka bermain drama, dengan memberikan saran “ Coba nanti di rumah teman-teman bikin skenario, teman-teman bisa cerita mau main dramanya seperti apa , bisa pakai gambar aja , besok kita coba mainkan skenarionya, tapi coba digabung sama judul yang aku kasih  “, waktu itu tema kegiatan dalam kelas tentang “ Banjir “,

Keesokan harinya Sophia yang mendapatkan giliran pertama dengan senangnya menunjukkan scenario yang telah ia bikin.  Skenario sederhana berbentuk gambar.  Sophia lalu menjelaskan peran-peran yang akan dimainkan oleh teman-temannya dan saya membantu mereka untuk memasukkan cerita dalam tema kegiatan di dalam kelas.

Tanpa kesulitan mereka memahami scenario dan rancangan kegiatan yang digabung menjadi satu kegiatan “ Drama ( kami biasanya menyebutnya main sinetron ) “. Dari membuat kostum sampai menyediakan perlengkapan yang akan mereka gunakan, dapat dilakukan dengan mudah.  Bukan hanya perlengkapan dan kostum yang dapat mereka persiapan , tetapi materi pembelajaran juga dengan sangat cepat mereka cerna, kerjasama dapat mereka jalin dengan sangat baik.

“ Sekolah celik bermain psikodrama “. …. Sophia , Gibran , willie , Gladys , Kaines , Kenisha , Christine.

 

 

 

Jakarta, 17 Maret 2019

Christ

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.