Tele sebagai Dinamika Pendukung Sebuah Peran #Tulisan 06 Fenomena Tele : Dinamika Hubungan yang Ajaib dalam Proses Psikodrama


Tele sebagai Dinamika Pendukung sebuah Peran

 Jiwa manusia itu majemuk, melibatkan banyak peran (Blatner 1991). Tele kita untuk orang lain tergantung pada hubungan peran di mana kita menemukan diri kita sendiri. Poin ini harus diingat. Karena tele bervariasi secara signifikan ketika sifat peran bergeser (Nehnevajsa 1956: 62), seseorang mungkin merasa lebih suka terhadap aspek lain mengenai satu aspek hubungan mereka, dan bahwa ada lebih sedikit tele di bidang lain. Misalnya, dalam sebuah grup, seorang individu dapat memilih satu anggota grup lain untuk mengerjakan proyek tetapi tertarik secara seksual kepada orang yang berbeda dan mencari kumpulan ketiga untuk menghadiri acara olahraga. Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa pernyataan apa pun tentang tele perlu dipasangkan dengan pernyataan kualifikasi tentang kriteria tersebut: Tidaklah tepat untuk mengatakan bahwa A “suka” B, meskipun dalam situasi tertentu yang mungkin menjadi tempat proses dimulai. Jika kesadaran harus dinaikkan sehubungan dengan sifat preferensi itu, kriteria untuk pilihan itu harus dicari.

Tele juga berubah sesuai dengan pergeseran kebutuhan atau konteks. Orang-orang yang kesepian mungkin mendapati bahwa mereka kurang menuntut kesempurnaan fisik dalam calon kencan mereka (Atau, dalam kata-kata lagu country-western, “The girls all look prettier at closing time.”). Contoh lain adalah seorang pengembara di negara asing yang mencari pertemanan dari sesama warga negara sebagai satu-satunya yang berbicara bahasa yang sama, namun dalam setting lain akan ada sedikit hal yang berbeda yang sama-sama dimiliki oleh keduanya.

Tidak hanya situasi peran eksternal disebut di dalam kesadaran yang lebih membedakan: Berbagai peran batin juga harus diidentifikasi. Dalam pengertian ini, kepekaan yang berkembang terhadap “auto-tele” seseorang membantu orang untuk berhubungan dengan “kompleks” mereka yang berbeda atau yang oleh Rowan (1990) disebut “subpersonalities.”

bersambung

Terjemahan bebas dari :

TELE: THE DYNAMICS OF RAPPORT
Adam Blatner, M.D.

*Contoh dalam Praktek :

Psikodrama itu Powerfull (Pengalaman di Medan)

 Pencerahan dalam Sebuah Drama, Pengalaman Mengikuti Psikodrama oleh Mina Wongso

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

One thought on “Tele sebagai Dinamika Pendukung Sebuah Peran #Tulisan 06 Fenomena Tele : Dinamika Hubungan yang Ajaib dalam Proses Psikodrama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.