Mengembangkan Kesadaran Diri #Tulisan 12 Fenomena Tele : Dinamika Hubungan yang Ajaib dalam Proses Psikodrama


Mempromosikan Individuasi

 Salah satu aplikasi terpenting dari konsep tele adalah bahwa tele mendorong orang untuk lebih memperhatikan preferensi mereka sendiri. Ini pada gilirannya meningkatkan kesadaran diri dan membantu orang dalam individuasi mereka. Karen Horney (1950: 17) menulis tentang perlunya mengembangkan “diri sejati” seseorang seperti yang disebutkan sebelumnya. Salah satu cara paling efektif untuk mencapai hal ini adalah membantu orang memperhatikan preferensi mereka, terutama dalam hal bidang minat, gaya temperamental, dan citra. Banyak orang dalam terapi memiliki sedikit kesadaran akan dimensi pengembangan diri ini.

Maka, aplikasi praktis lain dari konsep tele, adalah membuat orang-orang dalam kelompok yang Anda pimpin mendiskusikan preferensi mereka, termasuk perkumpulan yang telah mereka pilih untuk berafiliasi: misalnya, politik, agama, artistik, dll. Mintalah mereka pertimbangkan koneksi yang mereka inginkan, individu-individu dan kelompok-kelompok yang mereka inginkan. Bantu mereka berbicara tidak hanya siapa yang ada di jejaring sosial mereka, tetapi juga siapa yang ingin mereka masukkan. Berbicara tentang bagaimana mereka memilih teman kencan, pasangan romantis, pekerjaan, hobi, dan sebagainya, apa kriterianya, mengarah pada munculnya secara bertahap rasa diri yang lebih otentik..

Dengan demikian, dinamika individuasi, membantu orang menemukan “diri mereka yang sebenarnya” dan menemukan bahwa itu dapat diterima dan dinikmati oleh orang lain, difasilitasi dalam kelompok-kelompok terkemuka ketika terapis membahas tema dalam terapi seperti:

* Siapa yang “diharapkan” untuk dikagumi, berdasarkan pengkondisian budaya atau keluarga, vs. siapa yang benar-benar merasakan sesuatu. Misalnya, apakah boleh seorang anak laki-laki ingin menjadi penari?

* Apa yang diperlukan untuk menjadi “populer” dengan anak-anak lain ketika Anda masih remaja? Apakah itu yang benar-benar Anda sukai?

* Jika mungkin ada klub yang berisi “orang-orang seperti Anda,” seperti apa itu?

Lakukan latihan sosiometrik di mana anggota kelompok memilih yang lain berdasarkan kriteria tertentu, dan kemudian memungkinkan mereka untuk bermain peran atau benar-benar membuat kegiatan yang mereka terlibat. Kegiatan memilih harus ditekankan, karena banyak orang merasa canggung tentang ini. Mereka cenderung beralih ke siapa pun yang paling dekat, atau menunggu secara pasif. Ketakutan untuk tidak dipilih, rasa malu ketika orang yang paling disukai memilih orang lain, kesulitan untuk tidak menerima pilihan yang tidak disukai, reaksi ini dan lainnya menawarkan banyak bahan untuk diskusi kelompok

bersambung

Terjemahan bebas dari :

TELE: THE DYNAMICS OF RAPPORT
Adam Blatner, M.D.

 *Contoh dalam Praktek :

Psikodrama itu Powerfull (Pengalaman di Medan)

 Pencerahan dalam Sebuah Drama, Pengalaman Mengikuti Psikodrama oleh Mina Wongso

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

3 tanggapan untuk “Mengembangkan Kesadaran Diri #Tulisan 12 Fenomena Tele : Dinamika Hubungan yang Ajaib dalam Proses Psikodrama”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.