Tele : Dinamika Hubungan yang Ajaib dalam Proses Psikodrama, #Tulisan 13 Aplikasi Lebih Lanjut dari Konsep Tele


Aplikasi Lebih Lanjut dari Konsep Tele

 Salah satu tujuan Moreno adalah untuk memungkinkan tele (hubungan baik) untuk beroperasi lebih banyak dalam organisasi hubungan formal maupun informal, sehingga orang yang menikmati satu sama lain dalam perkumpulan  atau saling melengkapi keterampilan masing-masing dapat memilih untuk bekerja pada proyek kelas, seperti mitra laboratorium, atau dalam tim di pekerjaan mereka. Teman sekamar di asrama, anggota komite, dan pengelompokan lainnya harus ditugaskan berdasarkan preferensi yang mereka tentukan sendiri dan bukan berdasarkan kriteria sewenang-wenang yang dipaksakan oleh mereka yang bertanggung jawab.

Pengetahuan tentang pentingnya tele dalam hubungan manusia juga akan membantu dalam penataan organisasi masyarakat. Misalnya, Anda dapat menganjurkan pengembangan berbagai kegiatan yang lebih besar dan mempromosikan gagasan membiarkan anak-anak dan orang dewasa memilih kelompok kerja mereka daripada menugaskan mereka. Untuk mendorong individuasi, dorong anak-anak untuk menemukan preferensi mereka sendiri di rumah dan sekolah (Blatner 1988b: 127-148).

Sebagai seorang pemimpin kelompok, mungkin aplikasi utama dari gagasan tele adalah hanya menggunakannya sebagai sebuah konsep, mengajarkannya kepada anggota kelompok sehingga mereka dapat berbicara tentang perasaan ketertarikan atau kewaspadaan mereka yang berbeda dan terkadang bercampur satu sama lain. Diskusi-diskusi ini sering membangkitkan asosiasi, sejak kecil dan seterusnya, mengenai pengalaman iri, malu, dan manipulativitas mengenai disukai atau tidak disukai, menjadi populer atau tidak populer, dan berani mencari kelompok yang lebih kompatibel (Jennings 1950). Dinamika telik yang mengikuti psikodrama dapat diproses secara sosiometrik untuk meningkatkan wawasan kelompok tentang dinamika mereka sendiri karena mereka semua terlibat dalam penetapan sebelumnya (Hale & Little, 2002). Sifat berbasis peran dari tele akan membantu mereka untuk memilah pengalaman-pengalaman ini, dan diskusi tentang berbagai kriteria yang mempengaruhi preferensi mereka juga memperdalam wawasan bersama tentang dinamika individu dan kelompok.

bersambung

Terjemahan bebas dari :

TELE: THE DYNAMICS OF RAPPORT
Adam Blatner, M.D.

*Contoh dalam Praktek :

Psikodrama itu Powerfull (Pengalaman di Medan)

 Pencerahan dalam Sebuah Drama, Pengalaman Mengikuti Psikodrama oleh Mina Wongso

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

One thought on “Tele : Dinamika Hubungan yang Ajaib dalam Proses Psikodrama, #Tulisan 13 Aplikasi Lebih Lanjut dari Konsep Tele”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.