Cerita Mawar #part 19 Plot Twist Mimpiku


Suatu hari ada seorang mahasiswa semester 4. Namanya Kenanga, ia sedang stress pada mata kuliah penelitian kuantitatif. Stress karena teman di kelompoknya ada yang sakit, dan ada yang sering berhalangan hadir. Tibalah pada hari UAS dalam bentuk lisan. Ujian ini membawa beban psikis, karena dosennya terkenal garang, horor banget suasananya. Namun hal ajaibpun terjadi. Dosen tersebut malah mengajak guyonan, canda tawa pun meliputi ruangan tersebut. Di ruang ujian itu ada juga teman-teman lain yang beda kelompok. Akhirnya setelah ujian Kenanga dan teman-temannya pun pergi bersama ke tempat perbelanjaan.

Sampai di tempat belanjaan itu, tentu saja mereka berbelanja sambil cerita mengenai peristiwa di ruang ujian tadi. Kenanga pun didatangi oleh seorang teman lama dan saling tanya kabar, hati Kenanga agak gundah, namun perasaan itu pergi begitu saja karena Kenanga sedang bersama teman-temannya.  Tiba-tiba ada kejadian menghebohkan, teman lama Kenanga ini berteriak sambil pegang pisau dan mencoba untuk menusukkan pisau tersebut ke tubuhnya sendiri, tentu saja orang-orang di sekitarnya heboh dan ada juga orang yang mencoba menghentikan upayanya dengan bentuk menahan tangannya, ada pula yang teman Kenanga ini mundur, dan ada perebutan pisau juga. Kenanga yang melihat itu dari pojok ruangan tertegun melihat peristiwa itu. Setelah itu teman lama Kenanga pun diamankan.

Setelah itu ada seseorang yang datang menghampiri Kenanga dan mengatakan bahwa teman lamanya melakukan upaya penusukan ke dirinya sendiri di tempat perbelanjaan tadi karena Kenanga telah menceritakan kasus yang dialami teman lamanya itu ke orang lain, padahal Kenanga sendiri menceritakan hal tersebut ke orang lain karena upaya bunuh diri sudah terjadi sebelumnya.

Kenanga ingin memberi bantuan. Beberapa orang pun mulai menyalahkan Kenanga, dan Kenanga pun bersedih. Namun tiba-tiba hal buruk terjadi. Teman lama Kenanga ini keluar sambil bawa pisau dan melukai orang lain dengan pisau tersebut. Kemudian teman lama Kenanga mendatangi Kenanga. Ia marah dan menusukkan pisau itu ke daerah perut Kenanga. Setelah puas teman lama pergi.

Beberapa teman Kenanga datang untuk melihat luka bekas tusukan tadi. Ternyata tusukan tadi berada di tangan. Kenanga bingung karena niat baiknya malah dianggap niat buruk, hal konyolnya adalah kenapa orang lain juga ikut ditusuk, padahal jika benar masalah itu hanya pada teman lama dan Kenanga saja mengapa orang lain juga ditusuk. Kenanga dan beberapa temannya beranggapan mungkin orang tersebut sudah gila, karena stress berat dan tidak tahu solusinya. Akhir dari cerita ini adalah ternyata ini adalah mimpi. Iya benar ini Cuma mimpi dari penulis.

Penulis sedang mengalami sakit demam dan peristiwa di atas memang hanya representasi dari peristiwa yang sudah terjadi sungguhan. Peristiwa ujian ini adalah ujian akhir semester mata kuliah kuantitatif. Peristiwa tertawa di ruangan tersebut adalah kondisi kelas mata kuliah lain yang kebetulan juga diampu oleh dosen kuantitatif.

Peristiwa jalan-jalan ini tidak pernah terjadi dalam dunia nyata. Sedangkan untuk peristiwa penusukan oleh kawan lama ini hanyalah ketakutan dari penulis, ada peristiwa buruk di pertemuan sebelumnya dan ada ancaman luar biasa sehingga akhirnya masuk ke dalam mimpi. Bahkan tema bunuh membunuh ini juga terlihat dalam kartu TAT dan Rorschach, namun hasil yang keluar hanya mengatakan bahwa penulis benci dominasi, need achievement, dan IQ diatas rata-rata.

Untuk peristiwa TAT dan Rorschach ini terjadi ketika penulis menjadi subjek atau partisipan dari kelas psikodiagnostik 3, kasarannya membantu kakak tingkat dari kelas psikodiagnostik 3 mendapatkan nilai praktik, namun kartunya 2 TAT dan 2 Rorschach.

Surabaya, 2 Juli 2019

Sebut saja Namaku Mawar

*Tulisan di atas merupakan proses konseling lanjutan. Dasar Pemikiran Terapi Menulis ini adalah  : 7 Teknik Mengolah (Shadow) Sisi Gelap Diri untuk Penyembuhan Luka Batin Masa Lalu

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.