6 Tanda Kematangan Emosi dan 7 Cara Meraihnya #02


sambungan dari : 6 Tanda Kematangan Emosi dan 7 Cara Meraihnya #01

Kedewasaan emosional bukanlah sesuatu yang Anda miliki sejak lahir; itu adalah sesuatu yang perlu Anda usahakan.

Tidak semua orang akan mengambil keuntungan dari situasi untuk belajar tentang kedewasaan emosional mereka sendiri, tetapi bagi mereka yang cukup beruntung untuk memperhatikan dan membuat sebagian besar situasi itu, perubahan dapat terjadi.

Kedewasaan emosional berarti Anda berpikir sebelum bertindak, meluangkan waktu untuk berhenti sejenak, dan bertanya-tanya tentang dunia pada umumnya – alih-alih berpikir bahwa Anda sudah tahu semua yang perlu diketahui tentang diri Anda, orang lain, dan dunia di sekitar Anda.

Berikut adalah 7 (tujuh) cara Anda bisa menjadi lebih dewasa secara emosional.

  1. Hiduplah pada saat ini.

Salah satu cara untuk melatih kedewasaan emosional adalah dengan melatih Mindfullness. Orang-orang yang menjalani kehidupan dramatis sering hidup di masa lalu atau di masa depan, khawatir tentang apa yang akan terjadi jika mereka mengambil jalan A, B, atau C.

Tetapi ketika kita fokus pada momen saat ini dan mengamati perasaan dan reaksi dari kejauhan dengan sikap yang tidak menghakimi, kita menciptakan ruang untuk mengendalikan reaksi kita dengan lebih baik.

Mindful.org mengatakan bahwa mindfullness adalah “mempraktikkan seni menciptakan ruang untuk diri kita sendiri — ruang untuk berpikir, ruang untuk bernapas, ruang antara diri kita dan reaksi kita.

Megan Bruneau, Pelatih Psikoterapis & Eksekutif, menjelaskan mengenai mindfullness:

“Melalui latihan mindfullness, kita dapat meningkatkan jumlah waktu antara merasakan emosi tertentu dan bereaksi terhadapnya. Kami mendapatkan rasa lapang sehubungan dengan bagaimana kami mengamati emosi kami – daripada melekat pada perasaan kami segera dan bereaksi secara naluriah, kami belajar bagaimana pertama mengamati, dan kemudian bereaksi lebih hati-hati dan produktif. “

  1. Semua orang di ciptakan setara

Terlepas dari perbedaan, pendapat, kepercayaan, dan praktek-prakteknya, setiap manusia layak mendapatkan cinta dan telah diciptakan dengan kesempatan untuk melakukan sesuatu dengan hidup mereka.

Apa yang Anda pilih untuk lakukan dengan hidup Anda adalah  tanda kedewasaan emosional Anda. jJka Anda menyia-nyiakan hal-hal dan praktik-praktik yang tidak penting, Anda kehilangan kesempatan untuk terhubung dengan diri Anda yang lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak dari kehidupan.

Dalam Terapi Suara, Robert W Firestone Ph.D. menjelaskan bagaimana orang dewasa berinteraksi dalam hubungan yang akrab:

“Orang-orang yang tindakannya didasarkan pada mode dewasa ketika berhubungan satu sama lain sebagai individu independen dengan banyak memberi dan menerima dalam hal kepuasan perlu timbal balik.”

Dengan kata lain, orang yang matang secara emosional telah mengembangkan kapasitas mereka untuk memberi dan menerima cinta.

  1. Miliki rasa ingin tahu

Orang-orang yang memiliki kedewasaan emosional yang kuat mendekati kehidupan dengan rasa heran dan tidak menganggap mereka tahu segalanya yang perlu diketahui.

Pikirkan kembali ketika Anda masih remaja dan bagaimana Anda berpikir dunia ada di depan pintu Anda: mungkin butuh bertahun-tahun bagi Anda untuk menyadari bahwa ada jauh lebih banyak hal dalam hidup daripada yang Anda lihat.

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki kedewasaan emosional yang baik maka Anda tahu bahwa ada jauh lebih banyak di luar sana menunggu untuk ditemukan.

Tim Elmore mengatakan dalam Psychology Today bahwa orang dewasa dapat diajar:

“Orang dewasa bisa diajar. Mereka tidak menganggap mereka memiliki semua jawaban. Semakin bijaksana mereka semakin menyadari bahwa mereka membutuhkan lebih banyak kebijaksanaan. Mereka tidak malu mencari nasihat dari orang dewasa (guru, orang tua, pelatih) atau dari sumber lain. Hanya orang bijak yang mencari kebijaksanaan. “

Orang yang dewasa secara emosional mendekati kehidupan dengan rasa ingin tahu, pertanyaan, dan pikiran terbuka.

  1. Berlatihlah bersyukur selama masa-masa sulit.

Jika Anda mencoba untuk menjadi lebih dewasa secara emosional, salah satu cara untuk melakukan ini adalah berlatih bersyukur ketika Anda merasa jatuh. Ketika semuanya tampak hancur berkeping-keping, mempraktikkan rasa bersyukur akan membantu Anda melihat hal-hal baik dalam situasi tersebut. dan membuat Anda merasa ada banyak hal dalam kisah ini. daripada apa yang mungkin Anda katakan pada diri sendiri.

Jika Anda dapat bersyukur atas tantangan dalam hidup Anda, Anda akan selangkah lebih dekat untuk menjadi dewasa secara emosional.

Tim Elmore dalam Psychology Today mengatakan bahwa orang dewasa menyadari betapa hal baik telah benar-benar mereka memiliki:

“Anak-anak yang belum dewasa beranggapan bahwa mereka berhak mendapatkan segala kebaikan terjadi pada mereka. Orang dewasa melihat gambaran besar dan menyadari betapa hal baik telah mereka memiliki, dibandingkan dengan sebagian besar populasi dunia. “

  1. Pelajari hal-hal baru

Individu dengan kematangan emosi tidak memandang seperti anak anak itu: mereka perlu pergi dan belajar untuk menjadi seperti itu.

Kematangan emosi adalah mengenai meletakkan diri di depan dunia dan berkata “Aku muridmu”.

Belajar untuk mendapatkan, belajar mengenai dirimu,  dan belajar mengenai dunia di sekitarmu, itu adalah cara terbaik untuk hidup terkoneksi dan memaknai hidup yang kaya akan pengalaman dan keajaiban.

Bahkan jika hal-hal yang Anda pelajari telah menyakiti Anda, ada makna di sana dan orang-orang yang dewasa secara emosional mengikuti jalan itu untuk belajar sebanyak mungkin.

  1. Ajukan pertanyaan

Ingin menjadi dewasa secara emosional? Coba mulai dengan bertanya mengenai diri sendiri, relasi Anda, koneksi Anda, reaksi, tujuan, apa yang di inginkan, kebutuhan, dan penghargaan.

Apa yang Anda harapkan untuk di cari?  Apa yang Anda harapkan untuk situasi tersebut?  Bagaimana kehidupan Anda saat ini?  Apa Anda ingin menjadi lebih baik? Apa Anda ingin untuk bertumbuh?

Pertanyaan seperti ini akan membantu Anda untuk bergerak maju. Setiap kali Anda dihadapkan dengan hambatan dalam hidup, pertanyaan (seperti diatas) akan membantu Anda mengatasi masalah yang menumpuk.

Asisten profesor HBS Alison Wood Brooks dan profesor asosiasi HBS Leslie John mengatakan dalam Harvard Business Review mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan umumnya menawarkan manfaat serius.

“Ini memacu pembelajaran dan pertukaran ide, mendorong inovasi dan peningkatan kinerja, membangun hubungan dan kepercayaan.”

  1. Jangan bereaksi terlalu cepat

Ciri terpenting orang yang matang secara emosional adalah mereka bertahan pada situasi sulit dan tidak bereaksi. Mereka proaktif dan dapat mengantisipasi reaksi mereka sebelumnya dan memastikan mereka tidak panik dan marah-marah ketika keadaan serba salah.

Orang-orang yang dewasa secara emosional mampu mengambil fakta, menilai kemungkinan hasil, dan belajar dari kesalahan mereka sendiri di setiap prosesnya.

Jika kedewasaan emosional Anda berkembang, Anda akan mengenali cara untuk meningkatkan dan tidak menyalahkan diri sendiri karena kehilangan pijakan Anda.

Seperti kata Albert Ellis,

“Tahun-tahun terbaik dalam hidup Anda adalah di mana Anda memutuskan masalah Anda dengan cara anda sendiri. Anda tidak menyalahkan hal itu pada ibu Anda, keadaan, atau presiden … Anda mengendalikan nasib Anda sendiri. “

 

diterjemahkan oleh :

Reyna Ayu E

Terjemahan bebas dari :

6 signs of emotional maturity (and 7 ways to get there yourself) oleh 

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

One thought on “6 Tanda Kematangan Emosi dan 7 Cara Meraihnya #02”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.