Aku dan Pilihan Jalan Hidupku,…


Lebih dari 5 tahun yang lalu, aku bertemu dengan Seorang Romo di Girisonta, beliau mengatakan, Manusia itu makhluk menyejarah. Karena aku berlatar belakang Psikologi,maka aku tangkap maknanya bahwa, Pribadi yang sehat mental adalah yang mampu menuliskan sejarah hidupnya.

Waktu itu aku sedang proses pengolahan hidup (retret), mengolah sejarah hidupku untuk menentukan langkah selanjutnya. Aku barusan mengundurkan diri dari tempat kerjaku, perusahaan yang bergerak di pertambangan batu bara. Sebuah pilihan yang ditimbang-timbang lebih dari 2 tahun, dan sekarang adalah usaha untuk memantapkan pilihan tersebut.

Pekerjaan terakhirku adalah sebagai trainer Soft Skill, dari menganalisa kebutuhan training, menyusun modul training, mendesain training, sampai mengeksekusi training, serta mengevaluasi dampak training tersebut terhadap kinerja karyawan.

Pengalaman yang membanggakan pada tugas ini adalah saat mengeksekusi training untuk persiapan karyawan yang transisi. Transisi atau promosi dari calon karyawan akan menjadi karyawan baru, dari karyawan level pelaksana akan menjadi Foreman (leader kelompok), dari Foreman akan menjadi Supervisor, dan Supervisor akan menjadi Manager Yunior. Peserta mengungkapkan rasa terima kasihnya pada saat selesai training. Ketika bertemu di waktu berikutnya, saat sudah menduduki jabatan baru, mereka masih ingat. Aku merasa terharu dan merasa menjadi manusia berguna. Sekarang pun kalau teringat masih terasa haru itu.

Mundur ke belakang lagi, sebelum menjadi trainer, Aku bekerja di site, remote area, Berau, Kalimantan Timur, sebagai PGA, Personalia dan General Affair. Pekerjaan yang aku lakukan mensupport seluruh karyawan.

Untuk tugas Personalia dari memastikan absensi hingga penggajian, merekrut karyawan lokal, mengurus cuti dan pelaksanaannya, mengurus perjanjian kerjanya, mengelola Hubungan Industrial, menjadi media penyelesaian perselisihan karyawan (Serikat Pekerja) dengan Perusahaan.

Untuk tugas General Affair, mengurus AC sampai WC, perumahan karyawan, mess karyawan, tempat tidur, kantin karyawan, makan karyawan, koperasi karyawan, tranportasi dari tempat tinggal ke tempat kerja, dari Mess ke Kantor atau lapangan, juga memastikan ketersediaan seragam, alat pengaman diri (helm, kacamata, sepatu safety dll).

Selain itu ada tugas tambahan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar tambang mewakili Project Manager. Berkunjung ke perkampungan atau desa desa, menyerahkan bantuan, menerima tamu jika ada kunjungan, bertemu jika ada unjuk rasa dari masyarakat sekitar tambang, berkoordinasi dengan aparat setempat.

Kebelakang lagi, sebelum kerja di Perusahaan tambang ini, aku bekerja di Perusahaan Kayu Nasional, masih masuk Astra Group (perlu aku tulis karena Group ini memiliki sistem kerja yang membentuk dasar pola pikir kerjaku). Aku bertugas sebagai Rekrutmen dan Assesment Center. Dasar dasar ke HRD an, aku pelajari: Man Power Planning, Pemenuhan Man Power, Rekrutmen dari internal maupun dari eksternal, memahami Lead Time, belajar tulang ikan (fish bones), Paretto, Spesifikasi Kerja, Spesifikasi Man Power, analisa beban kerja, Struktur Penggajian, dll. Oh ya aku juga diberikan kesempatan untuk menjadi fasilitator training, saat ada kebutuhan training di perusahaan.

Pada awalnya aku tidak begitu tertarik dengan bidang industri, Psikologi Industri dan Organisasi. Aku gagal saat menjadi Dosen (pengajar) di salah satu Universitas Swasta di Surabaya. Sebagai pengajar aku hanya mengajar berdasar buku yang aku baca. Aku baru saja lulus kuliah. Aku belum memiliki pengalaman bekerja di perusahaan. Maka aku memutuskan untuk melamar pekerjaan di Perusahaan. Aku diterima di Perusahaan ternama tersebut diatas, dengan penempatan di Kalimantan timur (mungkin kalau penempatan Jakarta, belum tentu diterima. Aku merasa tidak yakin akan kemampuanku waktu itu).

Aku melewati masa kuliah dalam waktu yang relatif lama, 10 tahun. Selama menjadi mahasiswa aku aktif berkegiatan. Pecinta alam, mendaki gunung beberapa yang di Jawa Tengah, yang tertinggi di Jawa Timur, dan yang tertinggi di Lombok. Arung Jeram di sungai arus deras, di beberapa Sungai di Jawa dan di Sulawesi Selatan. Aktif juga penelusuran gua (Caving) pemetaan, dan berlatih prosedur Rescue.

Selain aktif di alam bebas aku juga aktif berkesenian Teater, menjadi aktor di beberapa pementasan dan menjadi Sutradara juga. Masih kurang mainnya, Aku ikut menjadi Relawan Sosial, menjadi Konselor Remaja, serta pendamping anak jalanan. Dalam aktivitas sosial ini aku juga banyak mendapatkan pelatihan pengorganisasian, serta TOT Hak Anak. Di saat ini aku sudah menjadi pembicara di kelompok terbatas.

Demikian sejarah yang kutuliskan, tentu ada banyak yang tidak kusertakan.  Ada juga beberapa yang kutambahkan maknanya. Aku buat keruntutannya untuk mendukung apa yang menjadi pilihan hidupku.

Aku menjadi praktisi psikodrama. Seluruh pengalaman hidupku, segala yang pernah aku pelajari dan aku alami, menjadikan aku yang sekarang ini.

Ternyata apa yang aku jalani selama kuliah, menjadi jalan hidupku. Aku hanya keluar dari perusahaan, namun pekerjaanku masih tetap menjadi pengajar. Ruang lingkupnya saja yang menjadi lebih luas. Baik lingkup areanya, tidak hanya di dalam satu perusahaan, melainkan bisa di berbagai perusahaan, dan berbagai kota. Kelompok sasarannya juga lebih beragam, tidak hanya karyawan, melainkan bisa anak-anak, remaja, mahasiswa, Relawan, Pengajar, terapis, dll. Ini menjadi awal pen-ziarah-an baruku.

“life begins at 40”

Yogyakarta, 18 Juli 2019

Retmono Adi

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

5 tanggapan untuk “Aku dan Pilihan Jalan Hidupku,…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.