You Have Enough Freedom to Choose the Story that You Want to Play


Menemukan diri hadir dalam workshop psikodrama dengan Mas Didik rasanya memberikan dualisme fungsi dalam diri saya. Tentu saja, selain belajar teknik psikodrama sebagai salah satu metoda dalam praktek psikolog, sambil ‘berobat jalan (self healing)’ merupakan hal yang tidak berdosa menurut saya.

Belajar psikodrama bersama Mas Didik rasanya seperti masuk ke ruang kebebasan dimana saya tidak hanya diajak untuk mengenali dan mengeksplorasi pemikiran, perasaan ataupun tindakan yang saya lakukan, namun juga membebaskan diri dari batasan-batasan (yang disadari atau tidak) saya bawa terus dalam keseharian saya.

Adalah hal yang sangat menarik bahwa ada tarikan yang digerakan oleh satu alam tidak sadar, yang sebenarnya menjawab kebutuhan alam tidak sadar yang lain. Keterhubungan yang berujung pada refleksi yang mencengangkan di alam sadar. Sungguh… itu menguatkan keyakinan bahwa tidak ada satupun yang kebetulan di dunia ini.

Jujur pada diri sendiri adalah suatu konsep yang gampang-gampang susah. Namun lagi-lagi psikodrama-nya Mas Didik mampu membuatnya menjadi jauh lebih mudah dan sederhana, dengan dampak yang luar biasa. Percayalah, semakin kita jujur pada diri kita sendiri maka akan semakin banyak hal yang mampu kita persembahkan pada semesta, kebermanfaatan yang tak kunjung usai.

Terima kasih banyak Mas Didik.
Semoga Tuhan selalu memberikan Mas kesempatan, untuk mampu membantu banyak orang menemukan diri sejatinya.

Bandung, 25 Juli 2019

Anti Ranadireksa
Bukan asbak-nya Pak Sugiyanto dan juga bukan Adel saat berusia 75 tahun.
Senyum

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.