Apa itu Doubling, dan Kegunaannya dalam Psikodrama ?


Dalam psikodrama, Doubling adalah teknik di mana seorang peserta, mungkin diminta oleh direktur psikodrama, penambahan-penambahan peran (Self, pertukaran peran) dari protagonis, biasanya dengan berdiri di belakangnya (boleh juga dengan meletakkan tangan di punggungnya) dan mengatakan hal-hal yang mungkin ingin dikatakan atau ditahan oleh sang protagonis.

Orang yang melakukan peran tambahan biasanya disebut Double. Tugasnya adalah untuk menyediakan hubungan antara realitas internal dan lingkungan eksternal protagonis. Dengan cara ini protagonis dapat mendengar (memiliki alternatif) hal-hal yang mungkin (atau tidak) merefleksikan apa yang mereka rasakan atau pikirkan.

Dengan demikian, doubling dapat membantu memicu katarsis yang abreaktif (istilah psikoanalisis untuk menghidupkan kembali pengalaman dan membersihkannya dari ekses emosionalnya . Kadang digunakan sebagai metode untuk membawa pada kesadaran akan peristiwa traumatis yang ditekan), wawasan baru, dan transformasi. Namun, bentuk Doubling yang lebih baru kurang berfokus pada katarsis abreaktif dan lebih pada katarsis integratif karena psikodrama telah belajar bahwa terlalu banyak emosi dapat membuat trauma ulang kepada klien.

Saya mempraktekkan doubling ini dengan meletakkan tangan di punggung protagonis, untuk mengambil peran dari ego protagonis dan membantu protagonis agar dapat mengekspresikan perasaan sesungguhnya secara lebih jelas. Jika protagonis masih merasa ragu, maka teknik multiple double (doubling dilakukan beberapa kali) dapat digunakan. 

 

Yogyakarta, 5 September 2019

Retmono Adi.

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.