Feedback Peserta Psikodrama pada Mother Refresher Training “Happy Mother for Happy Children” di Lembang Bandung


Dear Mas Didik yang baik,

Terima kasih banyak sebelumnya atas segala kebaikan mas Didik dalam memperkaya para ibu di MRT gelombang 3 di NTC SOS Children’s Villages Indonesia.

Berikut saya lampirkan feedback dari para peserta. Saya tidak mengurangi atau pun menambahkan kata, tanda bacanya. Segala yang saya ketik sesuai dengan apa yang dituliskan oleh peserta.

Bersamaan dengan email ini, saya juga meminta, sudi kiranya mas Didik dapat menuliskan cerita singkat terkait proses belajar yang mas Didik alami selama 3 hari bersama para ibu SOS CVI gelombang 3. Kiranya tulisan ini dapat kami bacakan saat pertemuan ibu di masing-masing wilayah nantinya.

Terima kasih banyak atas segala bantuannya.

Salam,

Dhiny Luna Wulandari

Lampiran :

Masukan dan Ucapan  Untuk Trainer

  1. Terima kasih banyak saya ucapkan kepada pak Didik telah memberikan ilmunya kepada saya untuk menambah pengetahuan saya. Dari hal yang tidak saya ketahui sehingga saya menjadi tahu. Ilmu pak Didik yang telah dituangkan lewat pembelajaran training ini sebagai bekal dalam keseharian saya dalam hal pembelajaran pengasuhan anak.
  2. Fasilitator telah berhasil memancing ibu-ibu berperilaku/tindakan ibu-ibu yang salah sehingga fasilitator mencoba memberikan contoh tindakan ibu yang positif dan hasilnya ibu akan mencoba bertindak yang benar dengan tepat sehingga ibu bisa merasakan kebahagiaan.
  3. Penyampaiannya jelas dan dapat dipahami, Bagus! “tidak usah takut salah” kan kesalahan adalah guru yang paling bijaksana di sekolah kehidupan pasti ada salah dan benar.
  4. Terima kasih mas Didik sudah mengajarkan untuk berbuat salah karena kita belajar dari kesalahan.
  5. Terima kasih yang tak terhingga untuk ilmu yang diberikan kepada kami, ilmu yang sangat luar biasa sehingga mampu mengubah cara pandang saya tentang diri saya, hidup, saya dan orang-orang yang ada disekitar saya. Berani salah. Matur Nuwun Sanget mas Didik.
  6. Terima kasih buat pembelajaran yang diberikan untuk memotivasi saya tidak takut salah. Terima kasih untuk cinta kasihnya. GBU.
  7. Saya berharap untuk ke depannya agar mas Adi (Bapak Marcellinus Retmono Adi) datang/diundang kembali untuk memberikan materi/pelajaran pada kami para ibu oleh karena penyampaian materi tersebut dilakukan dengan cara drama, theatre dalam kehidupan namun sesuai dengan materinya.
  8. Saya sangat mengharapkan refreshing ibu-ibu yang akan datang mohon mas Didik bersedia memberi atau mendampingi kami para ibu-ibu SOS 4 tahun yang akan datang.
  9. Mohon dilanjutkan lagi pada kesempatan berikutnya (4 tahun yang akan datang). Mohon happy-nya diberikan kepada seluruh warga SOS.
  10. Materi bisa diterima, kami mau memulai merencanakan anak-anak untuk bisa menggali skill mereka dan membekali mereka menjadi pribadi yang mandiri untuk 5-10 tahun ke depan. Semoga saya bisa merancang anak-anak. Terima kasih mas Dedi Psychorama memudahkan kita untuk ke depannya. Tuhan memberkati karya-karyanya.
  11. Jangan bosan untuk memberikan drama–drama yang menarik.
  12. Sudah baik, sangat akrab dengan ibu-ibu.
  13. Terima kasih atas semua materi yang sudah kami terima dan semuanya dapat bermanfaat bagi kami dalam pengasuhan.
  14. Terima kasih Adi semua materi yang sudah kami terima dan bermanfaat bagi kami dalam mengasuh anak-anak.
  15. Materi yang kami dapatkan akan kami tularkan sama anak-anak dan kembangkan. Semoga ke depan kami dapat ilmu yang lebih menarik lagi.
  16. Semoga ke depannya kami lebih mengharapkan lebih baik lagi dengan peran dramanya lebih menyenangkan.
  17. Jangan banyak dramanya, materi dari drama yang dimaksud.
  18. Mas Didik sangat baik dalam mengarahkan kami dapat memahami dengan profesional sehingga kami benar bisa larut dalam suasana.
  19. Saya sarankan ke depannya lebih baik dan mudah dipahami sehingga kami tidak bertanya berulangkali. Dan terima kasih atas pengetahuan dan ilmu yang bapak berikan pada kami sehingga saya bisa menularkan pengalaman ini pada anak-anak saya.
  20. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Didik sudah mau berbagi atau memberikan ilmunya kepada saya.
  21. Terima kasih banyak untuk mas Didik karena sudah memberikan pemahaman yang mudah untuk saya dengan baik. kapan datang ke Medan mas?
  22. Perlu latihan. proses agar bisa dilakukan dengan baik. Ibu dan anak bisa belajar salah.
  23. Terima kasih mas Didik sudah mengingatkan saya untuk bahagia dan bersyukur serta berani salah. Selamat berkarya, senantiasa sehat dan bahagia. Berkah dalem.

* Dari aku sendiri: Aku belajar mengetahui bagaimana perasaan seorang ibu,…aku jadi ingat ibuku sendiri,..dan belajar lebih menghargai ibu-ku di rumah. ~ Retmono Adi

Yogyakarta, 3 November 2019

 

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.