Mengobati Diri Sendiri Dapat Dilatih dengan Psikodrama?


Kudapat dari Group WhatsApp, tulisan yang cukup menarik, beberapa penyakit yang umum dan sering diderita banyak orang, dijelaskan berasal dari beban pikiran dan suasana hati serta cara mengelolanya yang tidak tepat.

Dijelaskan (lihat lampiran di bawah) bahwa :

Presentase Indikator penyebab munculnya penyakit adalah karena masalah:
#Spiritual 50%
#Psikis. 25%
#Sosial. 15%
#Fisik. 10%

Jadi kalau kita ingin selalu sehat, perbaiki :
#Diri kita
#Pikiran kita
terutama #Hati kita dari segala jenis penyakit.

Psikodrama secara umum melatih untuk Membangun Hubungan yang lebih baik dengan diri sendiri (Personal). Belajar mengenali emosi dan menerimanya serta mengelola dengan baik. Belajar menerima Masa Lalu dengan lebih positif sehingga lebih berani dalam menjalani kehidupan. Belajar berani melihat Masa Depan dan membantu membangun semangat dalam mewujudkannya. Pada bahasan ini Psikodrama melatih mengatasi permasalahan Psikologis.

Psikodrama juga melatih untuk Membangun Hubungan yang lebih baik dengan Orang Lain (Interpersonal). Belajar mengenali bahasa nonverbal, mendengarkan apa yang tidak terkatakan, sehingga dapat mengenali perasaan orang lain, sebagai pondasi menjalin hubungan baik dengan orang lain. Selain itu dilatih dapat menerima perbedaan orang lain dan mengenali kemampuan orang lain. hal ini jika dikombinasikan dengan kemampuan dalam mengenali kemampuan diri sendiri akan dapat menjalin kerjasama yang sinergi. Pada bahasan ini  Psikodrama melatih mengatasi permasalahan sosial.

Psikodrama melatih untuk Membangun Hubungan yang lebih baik dengan Sesuatu yang Lebih Besar, (Transpersonal). Belajar mengenali bahwa ada batas dari manusia, namun tetap yakin bahwa itu dapat dilampaui dengan bantuan kekuatan dari-Nya. Belajar lebih mengenali bahwa ada Sesuatu Energi yang tersedia tanpa batas, yang dapat digunakan untuk kehidupan yang lebih baik. Pada bahasan ini Psikodrama melatih mengatasi permasalahan Spiritual.

Ketiga bahasan di atas dilatih dengan diawali warming up Kesadaran Tubuh. Belajar mengenali tubuh dan menggerakkan, mengekplorasi gerakan gerakan baru, melatih otot otot siap melakukan yang terbaik bagi kesehatan.

Dari paparan tersebut seluruh prosentasi Indikator penyebab munculnya penyakit telah dicover. Harapannya  adalah dengan Psikodrama kita dapat menjaga kesehatan Diri, Pikiran, dan Hati kita.

 

Yogyakarta, 5 November 2019

Retmono Adi

*lampiran tulisan asli dari Group WhatsApp

CARI TAU PENYAKIT ANDA DAN OBATI DENGAN CARA INI OLEH DIRI ANDA SENDIRI

1. #Maag
Bukan hanya diakibatkan karena kesalahan pola makan yg tidak teratur, Akan tetapi justru lebih didominasi karena “stress” coba untuk lebih Fress dan memerdekan Diri.

2. #Hypertensi
Bukan hanya diakibatkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, Daging tapi lebih dominan karena kesalahan dalam memanage “emosi” Jadi Coba dengan cara mengatur Emosi Dan Rasa.

3. #Kolesterol
Bukan hanya diakibatkan oleh makanan berlemak, tapi rasa “malas berlebih” yang lebih dominan menimbulkan lemak, Jadi coba perbanyak Gerak Dan Tingkatkan semangat hingga Seluruh organ dapat bergerak.

4. #Asthma
Bukan hanya karena terganggunya suplai oksigen ke paru-paru, akan tetapi Dikarenakan sering merasa “sedih” yang membuat kerja paru-paru tidak stabil, Jadi Coba Terus Membuat suasana Hati riang dan Refresing

5. #Diabetes
Bukan hanya karena terlalu banyak konsumsi glucousa, yang manis manis, tapi Bisa saja sikap “egois dan keras kepala” yang mengganggu fungsi pankreas, Coba Ikhlas Dan Rela Dalam segala Hal.

6. Penyakit #liver
Bukan hanya karena kesalahan pola tidur, tapi sifat “ngrasani” orang lain yang justru merusak hati kita, Coba Untuk Membuat hati kita tenang Dan Damai.

7. #Jantung koroner
Bukan hanya diakibatkan oleh sumbatan pada aliran darah ke jantung, tapi kita jarang sedekah atau memberi yg membuat jantung kita kurang merasakan ketenangan, sehingga detaknya tidak stabil

Presentase Indikator penyebab munculnya penyakit adalah karena masalah :
#Spiritual 50%
#Psikis. 25%
#Sosial. 15%
#Fisik. 10%

Jadi kalau kita ingin selalu sehat, perbaiki :
#Diri kita
#Pikiran kita
terutama #Hati kita dari segala jenis penyakit.

Hati-hati
#Hindari :
Dari Rasa iri, dengki, pendendam, fitnah, benci, amarah terpendam, sombong, pelit, egois, keras kepala, sedih, malas, dan lainnya, karena itu sumber penyakit.

#SARAN Perbanyaklah Doa dan jadilah orang yang mudah memaafkan, Lembutkan hati dan ikhlaskan yang sudah terjadi, Banyak Banyak bersyukur dan nikmati kebahagiaan sekecil apapun Jalin persaudaraan yang mengajak dan selalu mengingatkan dalam kebaikan Serap ilmu dari arah mana saja Dari kawan maupun lawan.

SILAKAN DICOBA DAN RASAKAN PERUBAHANNYA, BELAJAR MENGOBATI DIRI SENDIRI

—–SEMOGA BERMANFAAT—–

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

2 tanggapan untuk “Mengobati Diri Sendiri Dapat Dilatih dengan Psikodrama?”

  1. artikel ini menarik sekali. saya pernah baca dari sebuah buku Heal Your Body, beberapa kasus penyakit yang paling berbahaya pun dapat disembuhkan ketika masalah emosi diselesaikan. Psikodrama mampu membawa orang untuk menerima bahwa dia mengalami masalah, kemudian melepaskan dan mendapatkan kesembuhan dari keputusan itu.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.