Pola Dasar Wanita Tua yang Bijak ~ Pria Tua yang Bijak dalam Analisa Mimpi Jung


Jung mengklasifikasikan Pria/Wanita Tua Bijaksana sebagai ‘Kepribadian Mana’. Kata Mana adalah bahasa Melanesia yang berarti suci atau penuh kekuatan. Mereka tentu saja menampakkan image ayah dan ibu, dan membawa banyak fitur yang sama. Perbedaannya terletak pada kualitas kebijaksanaan dan wawasan mendalam yang kita temukan ketika kita bertemu mereka dalam mimpi kita.

Orang Tua yang Bijak itu mungkin muncul dalam mimpi kita sebagai Raja, Pesulap, Nabi, Guru; Pemandu, Kekasih, Tuhan, Dewa, Orang Bijak, Figur Otoritas, Penasihat, Filsuf, Pendeta, Profesor, Hakim, Pimpinan, Dokter, Ahli alkimia, Dukun, Tukang Sihir, Ahli Nujum, dan orang-orang sejenis lainnya, atau siapa pun yang lebih tua dari diri Anda sendiri dan memancarkan wawasan atau kekuatan, menciptakan di dalam diri Anda perasaan hormat yang mendalam.

Secara umum ia menggambarkan dan menawarkan bimbingan dan kebijaksanaan rasional yang dikumpulkan tidak hanya dari kehidupan Anda sendiri, tetapi juga dari pengalaman budaya universal – atau sebagai faktor yang tidak terduga atau tidak dapat diantisipasi yang mengganggu Anda.

Wanita tua yang bijak mungkin muncul sebagai seorang nenek, seorang ibu di usia tua, seorang dewi, sosok wanita yang menggambarkan kesuburan, seorang wanita tua yang wajahnya tidak bisa Anda lihat, perempuan telanjang dengan payudara besar, vagina atau bokong, ratu atau putri, wanita tua yang memancarkan kebijaksanaan, otoritas dan cinta tanpa syarat.

Secara umum tokoh-tokoh pola dasar ini menawarkan bimbingan dan perasaan kebijaksanaan yang diperoleh dari pengalaman pribadi dan budaya. Mereka adalah bantuan atau penasihat dalam menghadapi perubahan besar yang kita temui dalam hidup, berurusan dengan penyesuaian besar-besaran selama remaja, krisis kehidupan paruh baya dan usia tua dan akhir kehidupan. Seseorang bahkan dapat mencatat dari wanita tua yang bijak, tanda-tanda kebijaksanaan mendalam yang merupakan sintesis dari apa yang muncul dari rasa sakit dan kekuatan wanita dalam keluarga Anda, meregang kembali melalui waktu, tetapi kadang-kadang mereka mendorong Anda melampaui ketakutan Anda untuk tingkat pengalaman baru ..

Kedua tokoh ini cenderung muncul dalam mimpi kita pada masa transisi yang hebat – mungkin karena kita membutuhkan akses penuh ke sumber daya wawasan dan informasi kita pada masa itu. Selama periode kehidupan seseorang, bantuan yang diberikan figur-figur ini dapat mengarah pada aktualisasi diri yang lebih besar. Secara umum, Figur-figur ini menggambarkan kesadaran batin kita atau kontak dengan pengaruh leluhur kita yang luar biasa namun halus, dan kekuatan latar belakang budaya kita.

Sisi negatif dari pola dasar (arketip) ini muncul sebagai sosok pendendam dan destruktif. Dalam kasus wanita mungkin sebagai penyihir, atau sosok wanita melalap, seperti yang terlihat pada dewi India, Kali.

Pertanyaan yang berguna:

Apakah saya dapat menerima bagian apa yang dimainkan tokoh ini dalam hidup saya?

Apakah saya sadar seberapa besar pengaruh budaya dan leluhur saya dalam hidup saya?

Apa hubungan saya dengan tokoh mimpi ini?

 

Tony Crisp

Terjemahan bebas dari : https://dreamhawk.com/dream-encyclopedia/archetype-of-wise-old-woman-wise-old-man/

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.