Resolusi tahun 2020


Resolusi tahun 2019 lalu, yang mentargetkan kunjungan ke wordpress ini 100 ribu, namun tidak tercapai. Ya, …..tidak tercapai karena aku kurang sungguh sungguh dalam mewujudkannya. (Aku selalu punya alasan, selain aku perlu juga bersikap lembut pada diriku).

Meskipun demikian tahun ini aku tetap membuat resolusi. Awalnya aku memutuskan untuk target kunjungan di wordpressku dalam tahun 2020 ini mencapai 200 ribu. Jadi ada penambahan 100 ribu lebih. Dengan pertimbangan bahwa akan ada penambahan kunjungan per hari nya. Aku lihat capaianku tahun lalu, ternyata dalam setahun tidak mencapai 30 ribu, rata rata per hari tidak mencapai 100 kunjungan.

Sementara jika penambahan 100 ribu dalam satu tahun, maka perlu sekitar 9 ribu per bulan, atau sekitar 300 per hari. Lebih dari 300% peningkatannya. Terlalu tinggi targetku untuk tahun ini, maka aku turunkan, penambahan kunjungannya menjadi sekitar 50 ribu saja setahun, atau 4,4 ribu sebulan, atau sekitar 150 kunjungan per hari. Cukup realistis ada penambahan kunjungan sekitar 50%. Jadi total kunjungan pada wordpressku pada akhir tahun 2020 akan mencapai 150 ribu. Demikian Resolusiku pada tahun 2020 ini.

Ada sedikit perubahan strategi yang akan aku lakukan. Selama ini aku berfokus pada hasil akhir yaitu jumlah kunjungan per hari, maka aku melakukan dengan lebih banyak aktif men-share  uploadanku ke berbagai media sosial yang lain.

Saran dari temanku mengatakan, tidak perlu terlalu sibuk dengan hal itu, fokus saja dengan menulis dan upload. Yakin saja jika tulisan itu baik dan berguna pasti akan dicari oleh orang. Sistem pencarian di internet sudah maju, sudah mampu mendeteksi tulisan yang sering dibaca. Tulisan tersebut akan muncul di halaman pertama saat dicari. Dengan kata lain internet sudah mampu menentukan mana tulisan yang berguna (bagus) yang akan ditawarkan ke netizen. Ya,…aku akan lebih fokus pada menulis, atau jumlah postingan. Aku akan lebih fokus pada apa yang dapat aku lakukan, daripada fokus pada apa yang orang lain akan lakukan (mengunjungi wordpressku)

Temanku juga menyarankan, paling tidak perlu memiliki 1000-an postingan, agar dapat jumlah kunjungan hariannya relatif stabil di atas 100. Sekarang sudah ada 650-an, sehingga kurang 350, kurang lebih bisa dipenuhi dengan sehari upload satu tulisan dalam setahun. Hal ini dapat kujadikan Resolusiku tahun 2020 ini juga, jadi aku memiliki 2 resolusi yang dapat kupilih salah satu, atau keduanya.

Sengaja aku pilih dua hal yang saling mendukung ini, agar bila salah satu terpenuhi aku dapat memberikan penghargaan pada diriku. Menghargai diri sendiri juga salah satu hal utama dalam Self Compassion yang perlu aku lakukan. Selain itu dapat juga kujadikan alasan untuk bersyukur.

Yogyakarta, 13 Januari 2020

Retmono Adi

*dengan ditemani lagu Never Enough – The Greatest Showman, Ost – Loren Allred

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.