Role Playing adalah Bentuk Utama dalam Praktek Psikodrama.


Masih banyak orang yang belum memahami Psikodrama, (baca Landasan Teori Psikodrama )karena memang relatif baru istilah ini masuk ke Indonesia, itu pun masih sebatas di kalangan Psikologi dan Bimbingan Konseling. Istilah Psikodrama masih belum dikenal luas di masyarakat umum. Maka tulisan ini mencoba memberikan pemahaman singkat agar mudah dipahami.

Psikodrama awalnya dikenalkan oleh Moreno memang untuk terapi kelompok, Terapi Psikologis individual dalam setting kelompok. Sekarang sudah berkembang tidak hanya untuk terapi Psikologis namun sudah menjadi metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam bidang yang lebih luas.

Bentuk yang nampak dari Psikodrama adalah Role Playing. Praktek dilakukan dengan memainkan peran-peran. Di sini peran-peran tersebut diolah lebih dalam, direfleksikan setelah melakukannya. Perilaku Peran atau Tindakan di Ekplorasi. Perasaan apa yang mendorong tindakan itu. Pemikiran apa yang mendasari perilaku itu. Apa maknanya? Pelajaran baru apa yang kudapat dari pengalaman melakukan ini? Bagaimana jika perilaku ini aku ganti, rubah, kembangkan? (baca Psikodrama adalah Eksplorasi Tindakan ).

Role Play dalam Psikodrama dilakukan spontan, maka agar mendapatkan spontanitas yang otentik, perlu dilakukan pemanasan Warming Up. Pemanasan ini ditujukan untuk membangun saling percaya sehingga peserta lebih berani bertindak memainkan peran-perannya. (baca Tahapan dalam Psikodrama )

Demikian semoga bermanfaat.

Yogyakarta, 15 Januari 2020

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

2 tanggapan untuk “Role Playing adalah Bentuk Utama dalam Praktek Psikodrama.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.