Cara Bersyukur dengan Mencari Alasan Logisnya


Semua orang mengetahui pentingnya bersyukur, dan sering diungkapkan dengan kata-kata. Tulisan ini mengajak lebih mampu melihat kenyataan yang terjadi sebagai alasan bersyukur itu, sehingga syukur itu berdasarkan pengalaman konkrit sendiri, tidak terjebak pencitraan dengan menipu diri.

Paling sering dan mudah adalah saat bangun tidur dan menghirup nafas dalam-dalam, menyadari ada udara yang masuk ke dalam paru paru. Aku masih hidup, dan siap melakukan aktifitas lagi. Karena mudah dan sering, kadang malah menjadi biasa maka perlu ditambah lebih sulit sedikit.

Sadari dan temukan sesuatu yang baru pada hari ini. Waktu yang baru, hari, tanggal, bulan, dan tahun, bukankah tidak pernah sama lagi?. Bila ini sudah menjadi rutinitas, berangkat dan pulang kerja, cobalah cari jalan yang baru, dengan sedikit usaha berangkat lebih cepat. Bertemu dengan orang baru, ajak bercakap-cakap santai, tentang hobby atau apa saja sehingga mendapatkan informasi yang baru.

Jika memiliki waktu, kunjungi tempat tempat yang baru, taman kota, gunung, sungai, sawah, pentas seni, aktivitas budaya. Merasakan suasana yang baru.

Menarik juga jika mampu melihat sesuatu yang tumbuh dan berkembang. Cobalah menanam pohon, atau bunga, dengan berkebun akan melihat pertumbuhan. Betapa ajaibnya hidup. Memelihara binatang juga dapat menimbulkan sensasi itu, misalnya Anjing, kucing, burung berkicau atau Ayam, Bebek, Angsa. Interaksi yang terjadi akan menimbulkan rasa kagum dan menyenangkan. Hal ini dapat menjadi alasan untuk bersyukur.

Dari pohon dan binatang saja dapat menimbulkan rasa syukur, apalagi dengan memiliki waktu bersama anak, buah hati sendiri. Temukan pertumbuhannya, perkembangannya sungguh bahwa hidup itu luar biasa.

Sangatlah penting untuk disadari, karena sering terlupa karena sibuk bekerja, yang katanya untuk kebahagiaan anak dan keluarga, sementara kebahagiaan nyata yaitu waktu bersama tidak tercipta.

Aku tidak menikah, sehingga aku perlu melakukan sesuatu yang dapat merasakan  kontribusi terhadap hidup dan pertumbuhan. Aku bersama kawan kawan menghidupi Lembaga untuk anak dan perempuan yang termajinalkan. Nama lembaganya Indriya-Nati.

Selama lebih dari 20 tahun sejak itu, aku merasakan pertumbuhan dan perkembangannya. Anak-anak perempuan yang dulu di jalanan, sekarang sudah berkeluarga. Kami masih sering berkumpul laksana keluarga bersama anak-anak mereka.

Bila aku memikirkannya, bagaimana dulu dan bagaimana perkembangannya sekarang rasa syukur menyelimuti hatiku. Semua terjadi bukan hanya karena aku, namun kerjasama dengan kawan kawan lain, serta mereka sendiri, dan karena tentunya Rahmat Yang Maha Kuasa, Sang Pemberi Hidup.

Sekarang aku memutuskan untuk memiliki PT, bersama kawan yang lain untuk memiliki badan usaha. Usaha profit yang aku lakukan untuk menghidupi Indriya-Nati juga. Makna yang aku yakini atas keputusan ini, adalah aku bertranformasi, tumbuh berkembang, dari dulu mahasiswa, Karyawan swasta, Trainer dan Psikolog pekerja mandiri. ( Pengalamanku ) Sekarang menjadi pemilik badan usaha. Bagiku wujud Syukur adalah berkarya bagi orang lain,lingkungan dan kehidupan yang lebih baik.

Syukur muncul dalam tiap perkembangan baru, pertumbuhan hidup, dan berbuah, bermanfaat bagi orang lain. Niat baik ini semoga berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang baik. Apabila dalam perjalanannya perlu menempuh ujian, aku meyakini sedang dipersiapkan untuk lebih baik lagi.

Yogyakarta, 23 Januari 2020

Retmono Adi

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

2 tanggapan untuk “Cara Bersyukur dengan Mencari Alasan Logisnya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.