Masih Ada Orang Baik di Jogja, Pengalaman Hari Senin Kemarin


Aku sudah memutuskan bahwa hari Senin kemarin akan membawa motor ke Bengkel, yang seminggu lalu menservis motorku. Motorku beberapa kali mogok, mati sendiri, untungnya masih bisa dihidupkan lagi sehingga masih bisa pulang ke rumah. Aku menduga mungkin ada yang kurang tepat dalam menservisnya, karena sebelum servis tidak pernah mogok.

Setelah mandi, sekitar jam 10 pagi, aku langsung berangkat. Pagi itu motor memang susah hidup, namun setelah beberapa kali kuengkol akhirnya mesinnya hidup. Motor kujalankan dengan pelan.

Baru kurang lebih 100 meter mesin batuk-batuk dan mati. Lokasi mogoknya, masih di Jalan Ireda ke arah selatan. Aku berhenti di pinggir jalan dan kuengkol berkali-kali, mesinnya tetap tidak hidup. Akhirnya kuputuskan untuk mendorong saja ke arah bengkel yang jaraknya masih sekitar 1,2 Km.

Cuaca mendung, jadi tidak terlalu panas. Aku menikmati mendorong motor ini. Ya,..sekalian olah raga, melewati Jalan Kol. Sugiono kemudian berbelok ke Jalan Sisingamangaraja. Aku duduk di sadel motor, mengayuh dengan kaki,  dan sesekali meluncur, karena jalan agak menurun.

Tiba-tiba dari arah belakang ada seseorang menyapa, “Mau kemana Pak ?”, sambil menghentikan motornya.

“Ke Bengkel”, Jawabku singkat terkejut, sambil kuamati dia dalam dalam.

“Boleh saya bantu dorong?” tanya dia lagi menawarkan bantuan.

“Boleh”, jawabku dengan perasaan senang.

Ia ada disebelah kananku, sambil mengendarai motor, kakinya disorongkan ke pijakan kaki belakang motorku. Aku duduk diatas motorku yang meluncur didorong oleh kakinya.

“Kau, mau kemana?”, tanyaku sambil konsentrasi mengendalikan motor yang meluncur.

“Mau cari makan” jawabnya.

“Kebetulan aku juga belum makan, ayo nanti makan sekalian, di dekat bengkel, ada warung makan  juga. Aku titipkan dulu motorku dulu, lalu kita makan.” ajakku.

“Boleh”, jawabnya singkat.

Sampai pertigaan Pasar Telo, kami berbelok ke Jalan Menukan. Sekitar 50 meter dari pertigaan itu Bengkel berada di sebelah kanan jalan, sementara warungnya ada di sebelah kiri jalan.

“Itu Bengkelnya! cukup disini, biaralah, Aku menyeberang sendiri saja, kau bisa tunggu di warung itu, sementara aku parkirkan motor sambil nunggu antri,” kataku tepat di seberang Bengkel.

Aku parkirkan motorku, dan menyampaikan keluhan bahwa motorku mogok. Kunci aku serahkan ke petugas pendaftaran sambil aku katakan kalau aku makan dulu di warung seberang.

Sambil makan kami bercakap-cakap. Ternyata. Ia dari Makassar dan kost di Jalan Imogiri Barat, tidak jauh dari tempat kami makan. Dia seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Penyelesaian skripsinya tertunda karena sibuk mengerjakan orderan kerjaan.

Aku pernah jadi mahasiswa, dan memahami situasinya. Aku menyarankan agar ia segera menyelesaikan skripsinya. Ibarat tinggal selangkah lagi, sayang jika tidak tuntas. Kebetulan ia juga baru saja mendapatkan persetujuan dari Pemda Makassar untuk tempat pengambilan datanya. Saranku menjadikan Ia merasa diteguhkan, dan menjadi lebih semangat untuk segera mentuntaskannya.  Dia lalu minta nomer kontakku untuk nanti kalau ingin ngobrol. Aku sebutkan nomerku dan ia ketik di hape nya, sambil menyatakan akan mengirim pesan agar aku menyimpan juga nomernya.

Selesai makan kami berdiri untuk membayar. Aku berkata padanya, “Aku yang bayar, ya?”

“Iya, Pak, terima kasih”, jawabnya.

“Sama-sama”, jawabku.

Kami bersalaman, lalu berpisah. Ia kembali ke kostnya naik motor. Aku jalan kaki ke seberang jalan menuju bengkel. Aku berpikir, pengalaman ini unik, akan kutulis bahwa masih ada orang baik di jogya.

 

Terima Kasih.

Yogyakarta, 28 Januari 2020

Retmono Adi

 

 

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.