Perihal Kekuatan, Kekuasaan, Refleksi dari Film Animasi Black Clover


Film Animasi yang berjudul Black Clover atau Semanggi Hitam, bercerita tentang para penyihir yang melindungi kerajaan, dengan tokoh utama Asta dan Yuno. Aku tidak ingin menuliskan ceritanya, melainkan tentang lambang lambang (metapora) yang ada di animasi itu.

Kekuasan adalah kekuatan untuk mengendalikan, dalam Film Animasi ini adalah Kekuatan Sihir. Kekuatan Sihir tersebut ada pada Buku Sihir, yang akan memilih penggunanya sendiri. Ada orang- orang tertentu yang memiliki bakat memiliki kekuatan sihir. Saat memasuki usia dewasa ada upacara tertentu dan buku sihir akan memilih penggunanya.

Ada beberapa jenis sihir dengan kekuatan besar, yang ada pada buku tertentu. Pada Buku Sihir tersebut pada sampulnya tergambar lambang daun semanggi (Clover). Jumlah kelopaknya menunjukkan kapasitas kekuatan sihirnya. Makin banyak jumlah kelopak daunnya makin besar kekuatan sihirnya.

Buku Sihir dengan 3 kelopak daun Clover , kekuatan nya dari Kepercayaan, Harapan dan Cinta. Kekuatan inilah yang dilambangkan oleh jumlah kelopak semanggi itu. Buku sihir dengan 4 kelopak daun Clover, ditambah dengan Kekuatan Keberuntungan.

Awalnya Pengguna Buku sihir berkelopak 4 daun semanggi adalah Orang yang paling kuat sihirnya. Sampai ketika penggunanya putus asa, frustasi, karena merasa hebat namun tetap tidak dapat mendapatkan keinginannya. Perasaan lain juga mulai muncul yaitu rasa benci, iri hati, dan dendam serta pengkhiatan. Suasana hati seperti itu mempengaruhi Buku Sihir, sehingga menumbuhkan satu kelopak baru yang berwarna hitam. Warna hitam kemudian menular ke kelopak lain, sehingga Buku sihir dengan 5 kelopak semanggi hitam (Black Clover). Kelopak baru hitam ini adalah kekuatan dari Iblis.

Memang Buku Sihir itu hidup, kekuatan penggunanya akan terus bertambah jika dilatih terus menerus. Jika penggunanya memiliki tekad yang kuat terus berlatih dan menembus melewati batas dirinya, maka kemampuannya akan meningkat. Dalam Kekuatan tertingginya pengguna buku sihir kelopak 3 dan Kelopak 4 bergabung, hanya dapat menahan sementara Kekuatan Iblis ini.

Menariknya Asta, adalah manusia yang tidak memiliki kekuatan Sihir, namun ia memiliki tekad yang kuat dan dipilih buku anti sihir, kemampuannya adalah menyerap sihir sehingga jadi netral. Dengan perjuangan yang memaksanya untuk selalu melewati batas kemampuannya, buku sihir hitam berkelopak 5 memilih dirinya. Asta menjadi pengguna Buku itu, dengan kata lain ada Iblis dalam dirinya.

Sering Asta mengunakan kekuatan itu. Saat kekuatan iblis itu keluar Asta tidak dalam keadaan sadar. Kekuatannya menjadi sangat besar dan mampu mengalahkan musuh musuhnya. Namun ia juga ingin mengalahkan dan menghancurkan teman-temannya. Keinginannya hanya mengalahkan dan menghancurkan apa saja, siapa saja. Sampai ia kehabisan tenaganya dan pingsan. Setelah sadar ia merasakan kesakitan di seluruh tubuhnya. Jika sering ia melakukan hal itu ia akan mati, dan Iblis akan menguasai tubuh dan jiwanya.

Film Animasi Black Clover belum selesai dan masih tayang serial tiap minggu. Aku sudah dapat merefleksikan beberapa hal. Refleksi yang kudapatkan dari menonton film animasi itu adalah.

  1. Kehendak yang kuat adalah kekuatan utama. Asta terus berjuang hingga melewati batas batas kemampuannya.
  2. Setiap orang sudah diberikan kekuatan, dan siapa yang terkuat adalah yang terus mengembangkannya.
  3. Ada Iblis dalam tiap diri manusia, yang kekuatannya sangat besar.
  4. Manusia yang paling kuat adalah yang mampu mengendalikan Iblis dalam dirinya.
  5. Ukuran kekuatan manusia adalah daya pengaruh pada lingkungan. Jika lingkungan rusak berarti Iblis yang menang, menguasai manusia itu. Bila Lingkungan menjadi lebih baik, maka Manusia itu sudah dapat mengendalikan Iblis dalam dirinya.
  6. Ada 3 hal utama yang perlu dilatih dan dikembangkan sebagai kekuatan dasar yaitu, Keyakinan, Harapan, dan Cinta.
  7. dan Satu hal yang juga perlu ada yaitu Keberuntungan, atau dalam hal ini aku menerjemahkan bebas (memaknakan) dengan Rahmat Ilahi.
  8. Jadi jika Rahmat Ilahi, dipakai bukan untuk membuat kehidupan lebih baik, maka Iblis lah yang telah menang dalam diri manusia itu.

Yogyakarta, 5 Maret 2020

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.