Apa itu Mirroring dan Bagaimana Cara Kerjanya dalam Psikodrama


Mirroring adalah salah satu teknik yang sering dipakai dalam terapi kelompok Psikodrama.

Mirroring berarti bercermin, atau  melihat diri sendiri. Dalam arti lebih luas juga berarti berefleksi untuk lebih mengenal diri sendiri.

Teknik mirroring ini sering digunakan pada tahap Action, ( baca Tahapan Utama Psikodrama)

Protagonis menjadi pengamat sedangkan ego tambahan mengambil bagian dari protagonis, memerankan suatu peristiwa sehingga protagonis dapat menonton. Teknik ini dapat membantu ketika seorang protagonis mengalami perasaan yang sangat negatif atau merasa terpisah atau menjauh dari perasaan atau emosi tentang adegan itu.

Protagonis dibawa berjarak, atau diminta naik ke kursi atau meja, atau tempat yang lebih tinggi, untuk melihat adegannya sendiri yang dimainkan orang lain.

 Dalam aktivitas ini, protagonis memperhatikan dari luar pentas, sementara “cermin” ego pembantu memantulkan kata-kata, gerak tubuh, dan postur protagonis. Teknik ini membantu protagonis melihat dirinya secara lebih akurat. Boleh juga Sutradara (Director) menghentikan adegan, sehingga membentuk diorama (teknik Sculture), agar Protagonis dapat lebih fokus pada adegan-adegan krusial.

Sering kali dalam praktek Protagonis, mengeluarkan air mata. Air mata ini penting, sebagai tanda bahwa protagonis telah memahami dirinya secara lebih jujur. Protagonis mengeluarkan air mata di hadapan yang lain juga menunjukkan keberaniannya untuk jujur pada diri sendiri. Maka Airmata ini perlu diapresiasi dan disikapi dengan penuh empati.

Yogyakarta, 10 Maret 2020

Retmono Adi

 

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.