Berdamai dengan Kecemasan, Tema Pertama Live Online di Instagram


Setelah Seminggu lebih tetap di rumah saja, mengikuti anjuran pemerintah untuk memperlambat penyebaran Covid 19, dan mendapatkan inspirasi dari sebuah pernyataan di acara Talk Show di Youtube, yang pembicaranya Renald Kasali bahwa “dalam setiap krisis selalu ada kesempatan”, Aku mulai tergerak untuk melakukan tindakan.

Ada juga ungkapan bahwa pertahanan terbaik adalah menyerang, yang sering aku lakukan dalam bermain catur, maka dalam krisis ini, aku tidak akan tinggal diam di rumah saja tanpa melakukan “perlawanan”. Aku mulai menyerang, aktif terlibat mengatasi wabah covid 19 ini dengan tetap mengikuti instruksi pemerintah. Aku mencari komunitas atau kelompok yang sudah aktif yang sesuai serta dapat mengoptimalkan potensiku. Aku bergabung menjadi relawan untuk memberikan layanan konseling online.

Selain itu aku melakukan live online di instragram. Hari Rabu tanggal 25 Maret 2020, aku lakukan untuk pertama kalinya. Aku mendapatkan ide dari teman, untuk live online yang pertama ini dengan tema “Berdamai dengan Kecemasan”.

Secara singkat aku menyampaikan bahwa, Kecemasan adalah ranah rasa. Menurut Psikodrama perlu diseimbangkan dengan mengolah Pikiran dan Tindakan (Tubuh), agar memiliki Kesadaran yang utuh. ( Baca: 3 Hal untuk Latihan )

Aktifkan pikiran dengan menemukan, dari mana rasa cemas itu datangnya, dan apa penyebabnya. Isi pikiran dengan makna yang positif, bahwa yang terjadi pastilah memiliki hikmah.

Cemas termasuk dalam kategori Rasa Takut. Rasa Takut adalah ilusi, resiko itu yang real, maka pahami resiko-resikonya dan persiapkan diri untuk mencegah dan atau menghadapinya.

Dan yang paling penting segera lakukan tindakan, bergerak (tubuhnya) pilih yang dapat dikendalikan dan dilakukan. Sementara yang diluar kemampuan kita untuk mengendalikan, atau mengontrolnya,  serahkan pada kerahiman Ilahi. Sikap berserah, Ihklas akan memberikan rasa yakin. Keyakinan yang akan mengusir kecemasan.

Live Online di Instagram ini kujadikan rutinitasku. Rutinitas selama #dirumahaja untuk menjaga tetap produktif. Aku merencanakan tiap hari kerja pukul 10 pagi.Silahkan bergabung, mari berbagi.

Semoga membantu.

Yogyakarta, 25 Maret 2020

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.