Di rumah Aja, Karantina Mandiri Fokus pada yang Positip


Karantina diri bagi saya yang biasa bergerak terus memang tidak enak. Mencoba di rumah aja, padahal biasanya jam begini saya sudah beredar di mana-mana. Meski tidak positif, bukan PDP, bahkan juga bukan ODP, tapi menyadari bahwa dengan menjaga diri tetap di rumah dapat membantu mempercepat selesainya masalah Covid ini.

Saya beruntung sebab meskipun di rumah aja, namun masih ada kegiatan rutin yang bisa dilakukan. Berpikir bahwa meski saya tak suka, tapi saya berada di tempat yang aman. Banyak teman teman yang ingin di rumah aja, namun tidak dapat melakukannya. Jadi kita yang dapat di rumah aja, adalah orang-orang yang beruntung.

Awalnya saya mengikuti update Covid ini dengan begitu seksama, sampai saya menyadari bahwa update itu tidak membawa apapun kecuali kekuatiran yang makin besar. Lantas saya memutuskan untuk berhenti membacanya. Fokus pada hal-hal yang menyenangkan yang masih bisa saya lakukan. Fokus pada berita berita yang menyenangkan dan positif, yang membuat saya ‘Feel Good’.

Lalu teman-teman mulai melakukan gerakan, yaitu posting hal-hal yang meningkatkan rasa bahagia, membuat tertawa dan meningkatkan semangat. Senang rasanya bisa tertawa bersama, meskipun masing-masing jauh di rumah. Namun kebersamaan dalam situasi ini membuat kita kuat, kita saling mendukung. Teman-teman di HIMPSI berbagai daerah mulai mengajak untuk membantu perjuangan melawan COVID ini dengan membentuk kelompok konselor yang tugasnya membantu saudara-saudara kita yang terpapar negativitas.

Teman saya ada yang menjahit kain kain sisa untuk dijadikan masker dan dibagi-bagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Ada juga yang meracik sanitizer dan dibagi kepada Babang Ojol. Beberapa mulai membuat gerakan menyumbang APD kepada pekerja medis. Mengorder makanan dan membaginya sebagian kepada para driver ojol juga menjadi cara yang ditempuh. Intinya kita masih bisa kog melakukan hal-hal yang memberi energi positif bagi diri sendiri.

Ayo, mari kita di rumah aja, melakukan hal positif untuk meningkatkan imun sistem kita. Jangan lupa untuk jadi penggembira di kelompok/komunitas masing-masing. Bersama kita hebat, bersama kita bisa.

Medan, 30 April 2020

Mina Wongso

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.