Saran Skripsi Cepat Selesai, Balada Kaum Rebahan, by Iip Fariha


Lingkaran itu bulat, sama kayak stress itu bikin mbulet

Mager karena stress menghadapi skripsi atau mager karena tak ada kegiatan lain selain urus skripsi. Sama-sama stress. Lebih sering rebahan merupakan sebab atau mungkin juga akibat. Demikian juga sakit kepala. Telur dulu atau ayam dulu. Sama-sama dari telur yang keluar dari ayam.

Pikiran, perasaan dan tindakan itulah esensi dari diri kita. Kadang sulit memilah mana yang duluan muncul, pikiran dulu atau perasaan dulu, atau gara-gara tindakan tertentu. Kalau kita tak bisa memilah dan mengendalikan ,minimal salah satunya. Maka stress bagai lingkaran syetan tak jelas ujung pangkalnya.

Mager, bikin sakit kepala, skripsi tertunda, bosen gak ada kegiatan lain,lalu jadi mager, jadi sakit kepala, skripsi ga kelar-kelar, tambah bosen, mager deh. Bulet kata orang jateng.

Bayangkan perumpamaan ini : cara merubah ( lingkaran ) masalah supaya jelas ujung pangkalnya, maka gunting saja salah satu sisinya ( pisahkan pikiran, perasaan dan tindakan ). Kalau dibentangkan dalam imajinasi kita jadilah garis lurus alias pikiran kita diluruskan kembali pada tujuan dan target yang ingin dicapai. Mana awalnya mana akhirnya. Dari mana harus memulai , sampai dimana ingin diakhiri.

Suatu masalah hanya bisa diselesaikan bila dorongan dan sumber daya untuk merubahnya lebih besar daripada resistensi terhadap perubahan itu.

Bila daya dorong dan sumber daya harus dimiliki untuk merubah keadaan. Bila daya dorong yang dimiliki tidak memadai untuk merubah keadaan mager anda, itu artinya anda tak punya motivasi atau kepentingan untuk merubahnya. Bila sumber daya nya yang tidak ada,maka anda juga akan kebingungan menyelesaikan masalahnya alias frustrasi.

Kalau anda tak punya alasan cukup penting untuk menyelesaikan skripsi plus tak ada kompetensi untuk mengerjakannya. Sudah pasti anda akan tetap mager.

Saya akan bantu dengan pertanyaan berikut :

Apa yang ingin anda ubah dari kondisi saat ini?
Sebut saja : ingin menyelesaikan skripsi
Bagaimana mencapai yang diinginkan tersebut?
Contoh :
1. Mencari referensi
2. Mengambil data
3.
Kapan itu harus terjadi ? sebutkan bulan kapan, setiap tahapan dalam rentang waktu yang urut. Misalnya.
1. Mengumpulkan referensi. Hari ini 14 April sampai 2 minggu ke depan (tanggal… )
2.
Tuliskan langkah-langkahnya. ( dalam bentuk tindakan yang konkrit )
Contohnya
1. Mengambil data :
a. Menguji alat ukur
b. Mencari sampel
c. Meminta bantuan teman
d.
Apa saja yang perlu terjadi, supaya yang diinginkan dapat tercapai?
Apakah dengan semua itu , sudah akan membawa anda pada tujuan A ?
Apakah langkah ini sudah dapat dikerjakan saat ini ?
Bila tidak
Apakah ada yang masih menghambat anda untuk melakukan itu semua?
Apakah anda memiliki kompetensi untuk mengatasi hambatan ini?
Apa yang harus saya lakukan agar hambatan ini dapat disingkirkan? Kompetensi apa yang harus dilatih? Dukungan apa yang dibutuhkan?
Apa yang perlu terjadi supaya kompetensi dan dukungan tersebut diperoleh?
Apa hal buruk yang akan terjadi bila hal yang anda inginkan tidak tercapai?
Apa kaitannya antara tindakan anda yang sudah dituliskan tadi dengan tujuan yang ingin anda capai?
Sekali lagi, Apakah tindakan anda dapat dilakukan saat ini juga?

Bila pertanyaan terakhir ini di jawab YES. Anda pasti sudah bangkit dan melakukan sesuatu dan skripsi anda dijamin selesai dengan cepat.

Kalau anda tak tergerak sama sekali, bahkan untuk menuliskan atau menjawab pertanyaan ini, anda perlu tanyakan pada diri anda, apakah saya masih punya alasan untuk berubah? Hanya anda yang bisa merubahnya.

Bila memang sumbernya tak ada motivasi. Maka anda perlu mencari motivasi ini dari hal terbaik yang bisa anda bayangkan atau dari hal terburuk yang mungkin bisa terjadi bila target tersebut tak terwujud.

Saya berikan suatu contoh.
Bayangkan saja,
bila anda SELESAI dengan skripsi ini dengan cepat, saya akan mendapatkan predikat sarjana idaman, dapat menyenangkan hati orang tua, dapat meminang kekasih , dapat liburan panjang dan terbebas dari stress, saya sudah menjadi anak yang berbakti, dll

Atau

Bila anda TAK SELESAI dengan skripsi ini, maka hidup saya akan menderita seumur hidup, saya akan menjadi pengangguran, kekasih saya diambil orang, saya diusir dari rumah dan mungkin saya akan kelaparan, akan mendapat cap orang paling bodoh di dunia, saya akan mengecewakan orang tua saya, dll.

Apapun pilihan pilihannya. Maka anda punya daya ungkit untuk bangkit dan cari cara sedetil mungkin aktivitas yang perlu dilakukan hingga pada langkah yang bisa dikerjakan saat ini juga.

sudah saya bantu dengan pertanyaan di atas, dan silakan jawab satu persatu lalu tuliskan, ini akan memandu anda untuk menyelesaikan masalah anda dengan terencana, terukur, dan konkrit.

Kita semua pernah dan sering terjebak dengan lingkaran mbulet ini.
Bagi yang punya lingkaran mbulet juga, boleh mencoba dengan menggunakan pertanyaan di atas.

Selamat bangkit dari rebahan anda.

Bandung, 15 April 2020

Iip Fariha

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

One thought on “Saran Skripsi Cepat Selesai, Balada Kaum Rebahan, by Iip Fariha”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.