KREATIVITAS DALAM BIMBINGAN KONSELING: PENGGUNAAN SENI UNTUK PROSES KONSELING PSIKOLOGI


Tulisan ini bertujuan agar dapat memahami apa itu definisi kreativitas. Bagaimana kreativitas dalam konseling dan Bagaimana menggunakan seni dalam konseling.

Kreativitas itu dari bahasa Latin “creare” yang berarti membuat, membangun, membentuk, dan “crescere” yang berarti tumbuh, membiarkan pertumbuhan. Kreativitas adalah aktivitas mental yang kompleks yang melibatkan, kecerdasan yang mengkristal dan mengalir lancar. Kreativitas merupakan hasil pemikiran yang berbeda dan utuh. Lingkungan sosial dan budaya memainkan peran penting dalam kreativitas.  (Holm-Hadulla & Hofmann, 2012)

“Kreativitas dalam prakteknya hanya menghubungkan berbagai hal. Ketika kita bertanya kepada orang-orang kreatif bagaimana mereka melakukan sesuatu, mereka merasa sedikit bersalah karena mereka tidak benar-benar melakukannya, mereka hanya melihat sesuatu. Tampak jelas bagi mereka setelah beberapa saat. Itu karena mereka dapat menghubungkan pengalaman yang mereka miliki dan mensintesis hal-hal baru. ” Steve Jobs (Wired, Februari 1995)

Bagaimana kita membangkitkan kreativitas? Ternyata kebosanan dan penundaan memainkan peran penting dalam kreativitas. Jadi kalau kita mudah merasa bosan dan sering “mager” atau menunda, kemungkinan akan memicu kita perlu kreatif, agar segala sesuatunya tetap beres. Kreativitas dapat berasal dari pengalaman dan emosi baik yang positif maupun negatif. Berdasarkan pengalaman itu, kita ingin mengulang yang memberikan perasaan positif, atau kita tidak ingin mengulang/mengalami lagi pengalaman/emosi negatif. Kreativitas mendorong pengetahuan dan pengalaman kita, maka teruslah belajar hal-hal baru, bertemu orang baru dan terlibat dalam kegiatan baru!

Beberapa hal utama mengenai kreatifitas adalah: semua orang memiliki potensi untuk menjadi kreatif dan kreativitas ada di mana saja. Kreativitas dapat ditingkatkan dan dikembangkan jadi tidak ada orang yang tidak kreatif. Kreativitas itu memberdayakan, menjadikan kita hidup lebih berdaya guna.

Kreativitas dalam bimbingan konseling menurut Holm-Hadulla & Hofmann (2012), menyatakan bahwa masalah psikologis dapat dianggap sebagai kreativitas yang terhambat. Konseling dengan mengaktifkan kreativitas dapat membantu mengembangkan kapasitas untuk mengatasi hambatan tersebut. Kreativitas berperan dalam konseling di tiga tingkat yang berbeda, yaitu: pada klien, pada konselor dan di dalam proses itu sendiri. Klien akan diajak untuk kreatif, konselor juga mengoptimalkan kreativitasnya dan Prosesnya juga penuh kreativitas.

Bagaimana dengan Seni?  “Pada mulanya dulu, kita sebagai penghuni gua membuat seni dalam berbagai bentuk kreatif, termasuk seni visual, mendongeng, menari, drama dan membuat musik, telah menjadi bagian penting dari pengalaman manusia. Seni memenuhi kebutuhan pribadi, sosial dan masyarakat. Orang-orang telah lama menggunakan proses dan produk seni untuk introspeksi, dan untuk mengekspresikan emosi mereka sebagai sebuah pengalaman kepada orang lain ”(Damianakis, 2007 dalam Sanders, 2013)

Terapi dengan seni (art therapy) seperti yang didefinisikan oleh American Art Therapy Association: “Terapi seni, yang difasilitasi oleh ahli terapi seni profesional, secara efektif mendukung tujuan perawatan pribadi dan relasional, serta keprihatinan masyarakat. Terapi seni digunakan untuk meningkatkan fungsi kognitif dan sensorimotor, menumbuhkan harga diri dan kesadaran diri, menumbuhkan ketahanan emosional, meningkatkan wawasan, meningkatkan keterampilan sosial, mengurangi dan menyelesaikan konflik dan tekanan, dan memajukan perubahan sosial dan ekologis. ” (2018). Sementara Seni sendiri bukanlah terapi tetapi seni bisa menjadi terapi

Ada tiga cara untuk menggunakan metode artistik dalam konseling: Pertama, Reseptif, memahami, menerima segala sesuatunya, permasalahannya, emosinya, situasinya, Klien diajak untuk mampu memahami dan menerima kondisinya. Kedua : Ekspresif, Mengekpresikan, dan mengungkapkan baik dengan kata-kata, gerakan, atau tindakan. Klien dilatih untuk mampu mengungkapkan permasalahannya yang selama ini dipendam, atau mengekpresikan, mengeluarkan perasaannya, baik lewat kata, gambar, foto, gerakan, atau tulisan. Ketiga Simbolik, Pendekatannya menggunakan Simbol simbol. Sering kali Klien tidak mampu atau tidak berani mengungkapkan emosi atau permasalahannya secara langsung, Klien dapat diajak unutk mengungkapkan dengan menggunakan simbol simbol. Selanjutnya perlu ditentukan proses atau seni apa yang akan digunakan, ditentukan oleh konselor atau berpusat pada klien. Prosesnya dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Sanders (2013)

Beberapa manfaat dari kreativitas seni dalam konseling, yaitu: Kreativitas Seni dapat mengembangkan keterampilan mengatasi masalahnya dan meningkatkan kapasitas untuk mengelola diri (self regulation).  Proses ini juga membuka peluang untuk eksplorasi diri dan menambah wawasan baik bagi klien mau pun konselor. Kreativitas yang diungkapkan lewat seni mampu mengkomunikasikan emosi, pemikiran dan pengalaman. Ketika digunakan dalam pengaturan kelompok dapat memperkuat kohesi kelompok. (team building). Sanders (2013)

Tips dalam menerapkan seni untuk konseling. Kolaborasi adalah kunci, perlu memadukan berbagai cara, berbagai data, berbagai pendekatan, dan berbagai sumber. Hal ini bukanlah sebuah rumusan pasti melainkan sebuah proses, bukan produk. Maka jadilah kreatif! temukan sesuatu yang baru, cara baru, suasana baru, karena menurut A. Einstein “Kreativitas itu menular, teruskan! ”

 

*Dicuplik dan diterjemahkan secara bebas dari Materi Webinar oleh
ELISABETH RICHARD, CLINICAL TEAM COACH
Workplace Option
Professional Development Institute
Pada tanggal 16 Agustus 2019

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.