Apa itu Sand Tray Therapy ? Teknik Terapi yang dapat digunakan untuk Belajar Tematik di Rumah


Sand Tray (Baki berisi pasir atau terapi bermain pasir) adalah teknik terapi di mana klien dapat mengatur berbagai miniatur di baki pasir untuk membuat reproduksi realitas sosialnya. Sand Tray dikembangkan untuk klien dewasa oleh Dora Kalff. Teknik Ini adalah teknik non-verbal dan simbolik yang banyak digunakan untuk anak-anak dan sering digunakan untuk mereka yang memiliki kesulitan bahasa dan komunikasi, trauma, defisit perhatian dan kesulitan perilaku ( Zhou 2009)

Bahan yang dibutuhkan adalah satu atau dua nampan pasir, satu dengan pasir kering dan satu dengan pasir basah. Air untuk membasahi pasir. Miniatur (orang orangan, rumah, mobil, pohon, dll) bagi klien untuk dipilih. Konselor akan memberikan instruksi (meminta untuk bercerita) untuk memungkinkan klien membangun pemandangan di dalam baki pasir itu.

Pada tahap pertama klien akan meluangkan waktu untuk membuat gambar pasir di baki pasir dengan menggunakan pasir dan miniatur kering dan basah, sesuai dengan instruksi yang diberikan sebelumnya. Selanjutnya pada tahap kedua klien akan terlibat dalam komunikasi verbal dan akan diminta untuk berbagi cerita tentang gambar pasir yang ia buat.

Mari kita coba praktekkan Sand Tray Therapy dan komunikasi tanpa kekerasan. Minta klien untuk membangun konstruksi di baki pasir untuk mewakili lingkungan di mana konflik cenderung muncul. Selanjutnya mintalah mereka menjelaskan konstruksinya: bagaimana mereka mewakili lingkungan, apa yang membuat mereka mengambil miniatur itu. Kita dapat membuat mereka menceritakan ulang adegan adegannya. Bantu mereka dengan menyediakan beberapa alat komunikasi tanpa kekerasan dan memunculkan bagaimana mereka dapat mengimplementasikannya untuk memodifikasi konstruksi, atau adegan adegan tersebut.  Apabila Klien telah mampu merekonstruksi, atau menata ulang adegan sesuai dengan harapan, berarti proses terapi telah terjadi.

*Dicuplik dan diterjemahkan secara bebas dari Materi Webinar oleh
ELISABETH RICHARD, CLINICAL TEAM COACH
Workplace Option, Professional Development Institute, tanggal 16 Agustus 2019

Tambahan dari aku.

Sand Tray therapy ini selain sebagai terapi untuk orang dewasa, dapat juga dipakai untuk bermain bersama anak anak, atau belajar di rumah  dalam mengisi  pelajaran tematik. Misalnya gunung meletus, berbelanja ke pasar, rumah sakit, Rumah Makan, berlibur ke pantai,..dan lain lain.

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.