Tak Mudah Memahami Pesan dari Drama Serial Hanya dari Satu Episode


Episode kali ini tentang berita sedih, yang diterima Konoha tentang Jiraiya yang gugur dalam menjalankan misinya. Kepedihan nampak di setiap tokoh yang ada, dengan ekspresi yang berbeda.

Aku dapat merasakan kepedihan itu, karena aku mengikuti seluruh episode sebelumnya. Cerita masih berlanjut panjang, aku akan tetap merasa pedih jika episode ini adalah yang terakhir.

Aku juga melihat episode lanjutannya namun tidak lengkap dan runtut. Ini cukup membantu aku dalam melihat bahwa ada cerita lanjutannya yang menunjukkan hikmat dari peristiwa di episode pedih ini.

Aku merefleksikan seperti situasi Pandemi Covid 19. Aku di rumah saja, melakukan karantina mandiri. Ada perasaan pedih, marah dan kecewa, melihat peristiwa-peristiwa sebelumnya yang menjadikan kepedihan ini tercipta.

Apakah masih ada peristiwa lanjut yang dapat membantu menangkap hikmatnya?

Akan berbeda pada tiap orang. Namun aku punya keyakinan dan tetap menjaga harapan bahwa “kepedihan” ini akan menjadi bekal mental untuk kehidupan di kemudian hari.

Cerita masih akan berlangsung lama, jika Cerita Naruto hanya beberapa generasi, ini pun sudah panjang sekali. Cerita Pandemi Covid 19 akan dikenang hingga beratus ratus generasi.

Semoga aku masih mampu merasakan hikmatnya.

Yogyakarta, 25 Mei 2020

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.